Tata cara naik kereta api untuk pemula

Kereta api merupakan salah satu transportasi angkutan massal yang berjalan di atas rel. Jamak dipakai, tidak sedikit orang yang masih bingung saat pertama kali naik kereta api.

PT. KAI selaku penyedia jasa kereta api sendiri sebenarnya sudah banyak melakukan perubahan terhadap layanan mereka. Dan perubahan yang terjadi dijamin enggak akan bikin kalian bingung asal mengingat tips berikut.

Pexels.com/Pixabay

Hal yang pertama dilakukan adalah pesan tiket. Tiket kereta dapat kalian beli melalui aplikasi layanan penyedia tiket mana pun. Saat memesan tiket kalian akan diminta untuk memilih stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal berangkat, jumlah kursi.

Kemudian siapkan nomor kartu tanda penduduk kalian dan pilihlah kursi yang ingin kalian duduki saat di kereta. Terakhir lakukanlah pembayaran sesuai dengan harga tiket yang kalian pesan.

Dok. Pribadi

Saat hari keberangkatan datanglah ke stasiun sesuai tiket yang kalian beli dan cetaklah tiket minimal 15 menit sebelum keberangkatan. Pencetakan tiket bisa dilakukan sendiri secara mandiri menggunakan mesin pencetakan yang sudah disiapkan atau meminta bantuan petugas jika kalian kebingungan.

Baca Juga: 4 Kuburan Kereta Api Paling Estetik, Wisata Kece yang Murah Meriah 

flickr.com

Kereta akan datang beberapa menit sebelum jam keberangkatan dan akan ada pengumuman dari petugas stasiun. Tapi sebaiknya perhatikan sendiri yang mana kereta kalian, karena kadang suasana ramai stasiun membuat pengumuman kurang terdengar jelas.

penginapan.net

Naiklah kereta api sesuai gerbong yang tertulis dalam tiket dan carilah kursi yang sudah kalian pesan. Jika naik ekonomi masuklah ke gerbong ekonomi dan sesuaikan juga nomor gerbong, begitu pun eksekutif.

Tapi kalian juga bisa naik ke gerbong kalian melalui gerbong lain, namun biasanya akan sedikit berdesakan dengan penumpang lain.

jalajahnusae.com

Saat sudah berada di dalam gerbong kalian, carilah kursi sesuai yang ada di tiket kalian. Kemudian kalian hanya perlu duduk dan menunggu sampai kereta tiba di stasiun tujuan kalian.

Umumnya kereta memiliki gerbong kantin di bagian tengah kereta. Kalian bisa ke gerbong tersebut untuk jajan atau mencari makan dan memesan melalui petugas yang ada. 

Baca Juga: Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesia

Baca Artikel Selengkapnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Kereta api adalah salah satu transportasi umum yang berjalan di atas rel. Tak sedikit masyarakat selalu memanfaatkannya untuk pulang atau pergi ke tempat tujuan. Namun, beberapa orang mungkin tidak tahu cara naik kereta api karena kalian bukan sekadar singgah dan duduk di kursi sesuai nomor urutannya.

Hal ini dikarenakan para penumpang kereta api harus mematuhi dan mengikuti semua ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan, sehingga kamu dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman.

PT.Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan satu-satunya badan usaha yang menyediakan jasa kereta api terbaik ternyata telah melakukan berbagai macam pembaruan terhadap layanannya. Gunanya supaya kamu bisa menikmati perjalanan lebih nyaman dan tertib di kereta api.

Masyarakat bukan sekadar membayar karcis sesuai jenis kereta api dan destinasi tujuannya saja. Pasalnya, siapapun harus tahu segala persyaratan yang sudah ditetapkan agar kamu dapat menaikinya dengan baik, apalagi masa sekarang yang cukup ketat.

Cara Naik Kereta Api

Secara umum moda transportasi kereta api mempunyai penggemarnya sendiri. Tak sedikit masyarakat sering memanfaatkannya sebagai kendaraan umum untuk membantu mereka supaya bisa jalan-jalan dengan cepat, tanpa habiskan ongkos mahal.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar publik justru masih bingung bahkan belum tahu cara naik kereta api yang baik dan benar. Apabila kamu baru pertama kali menumpangi kereta api, rasa grogi bahkan takut mungkin terbesit dalam benakmu karena entah harus melakukan apa selama di dalamnya.

Terkait:  Cara Naik Limit Kartu Kredit BCA

Kalian mungkin penasaran bagaimana cara naik kereta api supaya bisa menciptakan rasa aman dan nyaman selama di perjalanan. Oleh sebab itu, kalian tidak bisa melakukannya sembarangan karena kendaraan umum apapun mempunyai kebijakan dan prosedurnya masing-masing.

Jika kamu terbukti melanggar ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan PT.KAI, mungkin kamu tidak boleh menaiki kereta api dan kamu bakal mengalami kesulitan saat hendak check in begitu tiba di stasiun terdekat.

Cara Naik Kereta Api, Syarat dan Ketentuan Lengkapnya

Bagi siapa saja yang berencana menumpangi kereta api untuk pertama kali, kami akan beritahu cara naik kereta api sehingga kalian dapat menikmati perjalanan seru yang tidak terlupakan. Selain itu, kami akan beritahu segala kebijakan dan persyaratan yang sudah ditetapkan PT.KAI supaya kamu bisa check in dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini dikarenakan PT.KAI akan selalu mengutamakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan semua penumpangnya agar kalian dapat menaiki kereta api tanpa risiko terkena penyakit apapun.

Syarat Naik Kereta Api Terupdate

  • Surat Keterangan Sehat atau Hasil Tes Rapid Antigen.
  • Kartu/Sertifikat Vaksin (minimal 1 dosis).
  • Perjalanan ditujukan untuk penumpang berumur di atas 12 tahun.
  • Penumpang dalam keadaan bugar dan sehat.
  • Gunakan jaket dan pakaian berlengan panjang.
  • Penumpang harus mengenakan face shield atau masker.
  • Dilarang berbicara satu arah atau dua arah selama dalam perjalanan.
  • Tidak mengonsumsi makanan maupun minuman dalam perjalanan kurang dari dua jam.
  • Penumpang harus datang lebih awal ke stasiun (maksimal sejam sebelum keberangkatan).

Pesan Tiket Kereta Api

Kalian tidak perlu memesan tiket kereta api tanpa antre terlalu panjang. Hal ini dikarenakan pihak penanggung jawab, PT.KAI sudah meluncurkan metode pemesanan tiket kereta api secara online melalui beberapa aplikasi atau platform yang diunduh via smartphone.

Terkait:  Cara Naik Eskalator

Kamu bukan sekadar berhak memesan tiketnya saja, namun bebas menentukan jenis kelas sampai tempat duduk sesuai keinginan. Apabila pemesanannya sudah selesai, simpan kode booking untuk memperoleh konfirmasi via email yang harus digunakan saat hendak check in nanti.

Check in dan Cetak Boarding Pass

Apabila kamu sudah memesan tiket kereta api, metode berikutnya yang termasuk cara naik kereta api adalah silakan check in terlebih dahulu. Kamu bisa mendatangi mesin check in atau CTM yang sudah disediakan stasiun keberangkatan.

Silakan masukkan kode booking yang dimiliki ke kolom yang tersedia, cetak boarding pass kalian. Biasanya boarding pass berisi nama penumpang, tanggal keberangkatan, nama kereta api sampai nomor perjalanan. Jika kamu sudah mendapat boarding pass, proses check in sudah selesai dan simpan untuk ditunjukkan ke petugas sebelum masuk peron.

Tunjukkan Boarding Pass dan Identitas Diri

Langkah selanjutnya adalah tunjukkan boarding pass dan kartu identitas kepada petugas saat hendak masuk ke peron. Petugas akan scan boarding pass dan disesuaikan dengan identitas yang ditunjukkan. Apabila semuanya sudah selesai dan sesuai, silakan masuk dan tunggu waktu keberangkatan.

Tak hanya itu, kalian harus tetap menyimpan boarding pass karena bakal ditanyakan saat berada di dalam kereta api. Pastikan kamu meletakkannya ke dalam dompet agar dapat mencarinya beserta tanda pengenal lainnya dengan mudah.

Tunggu Kedatangan Kereta

Guna mencegah keterlambatan apalagi tertinggal kereta api, sebaiknya kalian sudah tiba di stasiun keberangkatan paling tidak sejam sebelum kereta tiba di stasiun. Tujuannya supaya kamu bisa menyiapkan berbagai macam hal yang hendak dibawa dan bisa menempati tempat duduk paling nyaman.

Apabila masih keliru, silakan tanya ke petugas stasiun di jalur mana kereta api bakal datang. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru sambil menunggu kereta kalian tiba di stasiun keberangkatan.

Terkait:  Cara Naik Limit Kredivo

Cari Gerbong dan Tempat Duduk

Apabila kereta api sudah tiba, kalian harus mencari gerbong dan nomor tempat duduknya. Apabila sudah ditemukan, simpan semua barang bawaan di tempat penyimpanan yang disediakan. Kalian hanya perlu duduk manis sambil menantikan kereta api siap berangkat.

Biasanya kamu akan melihat petugas berkeliling menyambangi setiap penumpang untuk menanyakan kartu identitas dan boarding pass. Maka dari itu, pastikan semua dokumen disimpan dengan baik untuk ditunjukkan kepada petugas nanti.

Taati Protokol Kesehatan

Bagi siapa saja yang sedang menyiapkan diri untuk menaiki kereta api, kalian harus tetap mengikuti dan menaati protokol kesehatan yang masih berlaku. Secara umum kereta api merupakan salah satu transportasi umum dan tidak mustahil kalian akan bertemu siapapun yang belum tentu kondisi fisik mereka sehat 100%.

Kamu bisa mengenakan masker selama di perjalanan (kecuali makan dan minum), siapkan cadangan masker sebagai perlindungan ganda, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan membawa perlengkapan ibadah serta makan pribadi saa menaiki kereta api sampai tujuan.

Turun dari Kereta Saat Sampai Tujuan

Sesudah tiba di stasiun kedatangan, maka kamu bisa turun dari gerbong. Apabila kamu turun di stasiun besar, petugas akan memberi tahu bahwa penumpang harus turun ke arah kanan atau kiri untuk keluar dari stasiun bersama penumpang lain.

Sebelum kalian meninggalkan gerbong dan stasiun, pastikan semua barang bawaan tidak tertinggal dan barang berharga tetap tersimpan di tempat aman. Pastikan kamu keluar dari stasiun dengan tertib sehingga dapat mencegah kerumunan yang berpotensi menularkan atau mengundang penyakit terhadap dirimu sendiri dan orang lain.