Manfaat yang akan didapatkan dari beladiri pencak silat sebagai berikut kecuali

Pencak silat Sugianto raih emas. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

SEHAT | 12 Februari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mempelajari olahraga bela diri merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan seseorang untuk menjaga keselamatan dirinya. Beberapa orang juga melakukan hal ini karena kesenangan yang mereka miliki.

Olahraga bela diri biasanya memadukan berbagai gerakan bertahan dan menyerang yang bisa menguras fisik seseorang. Berbagai gerakan yang dilakukan ini bisa membuat seseorang menjadi lebih bugar dan mendapat manfaat kesehatan.

Manfaat dari melakukan olahraga bela diri yang bisa kamu peroleh ini tak hanya sebatas kesehatan fisik saja. Mental yang kamu miliki juga bisa terasah dan lebih sehat dengan melakukan jenis olahraga ini.

Kamu bisa memilih berbagai olahraga bela diri yang tradisional seperti pencak silat. Namun kamu juga bisa mempelajari berbagai bela diri yang sedang ramai seperti campuran berbagai aliran pada Mixed Martial Arts.

Sejumlah manfaat baik secara kesehatan maupun perlindungan diri, bela diri merupakan salah satu hal yang sebaiknya kamu lakukan. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari olahraga bela diri.

2 dari 7 halaman

Bela diri membutuhkan kamu berolahraga secara keras untuk melakukannya. Olahraga yang berbeda bisa meningkatkan detak jantungmu sehingga membuatmu memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih sehat. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok untuk

3 dari 7 halaman

Berbagai gerakan seperti high kicks, membanting, dan mengelak merupakan berbagai prinsip dasar bela diri. Melakukan berbagai gerakan seperti ini bisa membantu meningkatkan fleksibilitasmu. Dengan kondisi tubuh yang fleksibel, maka risiko cedera yang kamu miliki menurun.

4 dari 7 halaman

Bela diri merupakan aktivitas fisik intensitas sedang yang bisa membuatmu membakar 500 kalori dalam satu sesi. Sejumlah gerakan dalam bela diri bisa membakar kalori lebih cepat. Dengan membatasi jumlah makanan, maka hal ini bisa membantumu untuk menurunkan berat badan.

5 dari 7 halaman

Sebagian besar teknik bela diri membutuhkan latihan intens dan bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Gerakan berulang pada latihan bisa membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan menjaga tekanan darah.

6 dari 7 halaman

Ketika kamu melakukan bela diri dan berlatih secara rutin maka refleks yang kamu miliki akan meningkat karena terus dilatih. Meningkatkan refleks secara konstan dan berulang bisa membuat kamu memiliki reaksi yang lebih cepat.

7 dari 7 halaman

Pengalaman Yayan Ruhian saat di Inggris, Adu Ilmu Pencak Silat dengan Penggemar. You Tube - Deddy Corbuzier

TRENDING | 15 Februari 2022 11:35 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Ada berbagai macam manfaat pencak silat yang bagus bagi manusia. Pencak silat merupakan suatu seni bela diri warisan budaya Indonesia yang memperhatikan seni keindahan gerakan dalam setiap jurusnya. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki aliran pencak silat tersendiri.

Pencak silat juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Nusantara. Meski begitu, kalian juga bisa menjumpai pencak silat di sejumlah negara Asia dengan istilah masing-masing. Mulai dari Malaysia (gayong dan cekak), Singapura (gayong dan cekak), Thailand bagian Selatan (bersilat), Brunei Darussalam hingga Filipina (pasilat).

Lantas apa saja manfaat pencak silat lengkap dengan fungsi dan tekniknya? Melansir dari berbagai sumber, Selasa (15/2), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Sebelum mengetahui manfaat pencak silat, sebaiknya mengenal terlebih dahulu pengertian pencak silat. Pencak silat berasal dari dua kata yaitu Pencak dan Silat. Pencak sendiri memiliki arti gerak dasar bela diri serta terikat dengan peraturan. Sementara itu, silat adalah gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pencak silat merupakan permainan atau keahlian dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang dan membela diri menggunakan atau tanpa senjata.

Menurut seorang ahli bernama Boechori Ahmad, pengertian pencak adalah fitrah manusia untuk membela dirinya sendiri. Sedangkan, silat merupakan sebuah unsur yang menghubungkan antara gerakan dengan pikiran.

3 dari 6 halaman

Berikut fungsi pencak silat yang bisa diketahui sebelum beranjak mengenal manfaat pencak silat:

a. Fungsi untuk Bela Diri

Fungsi pencak silat bisa dilihat dari sudut bela diri. Pencak silat menggunakan seluruh bagian anggota tubuh. Mulai dari ujung kepala, jari tangan hingga kaki untuk melakukan bela diri. Dengan menggunakan senjata maupun tanpa menggunakan senjata.

b. Fungsi untuk Seni

Fungsi pencak silat juga bisa dilihat dari sudut seni. Dalam gerakan pencak silat memiliki keseimbangan dan keselarasan antara wirama, wirasa serta wiraga. Selain itu juga terdapat keserasian irama, penghayatan dan penyajian teknik.

c. Fungsi untuk Pendidikan


Fungsi pencak silat juga dapat dilihat dari sudut pendidikan. Pencak silat mampu memberikan keterampilan, kemampuan dan kemantapan dalam mempertahankan serta membela diri terhadap ancaman bahaya. Baik itu dari dalam ataupun luar. Selain itu juga mampu menjamin keselarasan dengan alam sekitar.

(mdk/tan)

Baca juga:
Mengulas Sosok Crazy Rich Medan Indra Kenz, Mantan Sopir Kini Berlimpah Harta
Sekian Lama Enggak Bertemu, Saat Pulang TNI Ini Dipeluk Erat dan Dicium Orangtua

4 dari 6 halaman

Adapun unsur-unsur pencak silat adalah sebagai berikut:

  • Unsur bela diri
  • Unsur olahraga
  • Unsur kesenian
  • Unsur pendidikan mental kerohanian
  • Unsur persaudaraan menuju persatuan

Sementara itu, berikut tujuan pencak silat: a. Membentuk masyarakat untuk berjiwa sehat, berpikir cerdas dan berprestasib. Membentuk masyarakat memiliki sikap kesatria, disiplin yang tinggi serta tanggung jawab lahir batinc. Mendidik masyarakat untuk berani membela kebenaran dan keadiland. Mendidik generasi muda untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan menggunakan obat terlarange. Mendorong serta menggerakkan masyarakat untuk lebih memahami sekaligus menghayati langsung hakikat dan manfaat olahraga pencak silat sebagai kebutuhan hidupf. Tempat menyalurkan bakat dan minat bagi generasi yang mempunyai hobi olahraga, khususnya bela diri

5 dari 6 halaman

Setelah mengenal pengertian, fungsi, unsur dan tujuan, kini kalian bisa mempelajari manfaat pencak silat. Ada beberapa manfaat pencak silat yang bisa diperoleh bagi manusia. Adapun manfaat pencak silat antara lain sebagai berikut:

  1. Melatih konsentrasi
  2. Melatih kedisiplinan
  3. Melatih kontrol
  4. Melatih kewaspadaan
  5. Melatih mental
  6. Melatih kepekaan
  7. Melatih kesabaran
  8. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar
  9. Menambah pengetahuan
  10. Menambah daya tahan tubuh

Selain itu, ada beberapa manfaat pencak silat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat pencak silat bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  2. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan
  3. Meningkatkan fleksibilitas
  4. Meningkatkan refleks
  5. Menjaga tekanan darah
  6. Membantu menurunkan berat badan

Baca juga:
Penampilan Kompol Netty Siagian Bikin Pangling, Terlihat Ayu Memakai Kebaya
Perhatikan Perbedaan Debit dan Kredit Beserta Manfaatnya, Agar Tidak Salah Pilih

6 dari 6 halaman

a. Sikap Kuda-KudaSikap dasar atau sikap awal dalam pencak silat. Di mana posisi kaki tertentu dijadikan sebagai dasar tumpuan. Tujuannya untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang.

b. Sikap Pasang

Sikap ini adalah suatu kesiagaan untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola. Biasanya akan dilakukan pada awal dan akhir rangkaian gerakan.

c. Sikap Tangkisan

Sikap menangkis bertujuan untuk menahan atau menghindari serangan lawan. Terdapat beberapa sikap menangkis dalam pencak silat, misalnya seperti tangkisan atas, tangkisan belah tengah dan tangkisan luar.

d. Hindaran dalam Pencak Silat

Sikap ini tentu saja bertujuan untuk menghindari serangan lawan agar tidak terkena atau mendapatkan cedera.

e. Pukulan dalam Pencak Silat

Pukulan dalam pencak silat dilakukan menggunakan tangan kosong sebagai komponennya. Segala teknik pukulan yang ada pada seni bela diri dapat digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan. Namun tetap bagian yang disahkan untuk diserang dalam upaya mendapatkan angka.

f. Tendangan dalam Pencak Silat

Seperti pukulan, tendangan juga bisa digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan dalam upaya mendapatkan angka.

g. Variasi Pencak Silat

Dalam pencak silat ada beberapa variasi dan gabungan teknik yang bisa digunakan. Contohnya variasi pencak silat pada persiapan, pelaksanaan dan pengayaan.