Jelaskan panduan langkah-langkah menulis resensi

Cara Membuat Resensi, Langkah-Langkah dan Contoh yang Baik dan Benar – Untuk murid jenjang sekolah, perguruan tinggi  atau seorang penulis, dan sastrawan pasti pernah membuat ringkasan suatu buku. Membuat resensi buku tidak bisa asal membuat penilaian terhadap suatu bukui saja, namun ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan saat menulis sebuah resensi buku. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi seputar membuat resensi dan langkah-langkahnya yang benar. 

Penjelasan Resensi, Langkah-Langkah dan Contohnya

Daftar Isi

  • Penjelasan Resensi, Langkah-Langkah dan Contohnya
  • Tujuan Resensi Buku
  • Langkah Resensi Buku
  • Contoh Hasil Resensi Buku

Daftar Isi

  • Penjelasan Resensi, Langkah-Langkah dan Contohnya
  • Tujuan Resensi Buku
  • Langkah Resensi Buku
  • Contoh Hasil Resensi Buku

jenniferprobst.com

Apa itu resensi buku? Resensi adalah kegiatan memberikan penilaian, memberi kritik atau menuliskan kembali isi yang ada di dalam sebuah karya dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan pada karya tersebut. Sebelumnya, penting untuk kamu ketahui lebih dalam seputar hal-hal lain tentang resensi mulai dari tujuan, langkah-langkah membuat, hingga contoh resensi buku.

Tujuan Resensi Buku

Mengetahui kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi

Tujuan meresensi buku yang pertama adalah tentang memberi penilaian objektif terhadap suatu buku. Sebagai pembaca yang belum membaca suatu novel atau karya lainnya biasanya akan melihat sinopsis atau resensi terlebih dahulu agar bisa memilih dengan tepat. Dengan begitu para pembaca bisa menilai bagaimana isi buku tersebut dan memutuskan akan membaca atau tidak.

Mengetahui latar belakang karya tersebut diterbitkan, 

Lewat suatu resensi buku kita juga bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai kenapa buku tersebut ditulis. Dengan mengetahui alasan suatu buku layak untuk diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang nantinya pasti menambah minat terhadap buku itu. Setiap penulis juga pasti memiliki alasan unik tersendiri mengenai alasan menulis karya tersebut yang pastinya pembaca ingin tahu.

Bisa membandingkan buku-buku karya penulis lain yang sejenis

Lewat resensi sebuah buku kamu juga bisa membandungkan kelebihan yang terdapat pada suatu buku dengan buku lainnya yang memiliki satu aliran jenis cerita. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengukur kekurangan suatu buku dengan lain memiliki nuansa cerita yang sejenis. 

Baca Juga :

Apa Itu Resume? Pengertian, Fungsi, dan Langkah Membuat Resume

Langkah Resensi Buku

1. Membaca Buku Sasaran

Langkah pertama dalam resensi buku adalah membaca buku yang akan diresensi. Jangan hanya membaca ringkasan pada bagian belakang buku saja atau hanya pada selembar dua lembar halaman awal atau sepenggal bab di tengah yang menyampaikan klimaks pada cerita. Bacalah keseluruhan isi buku tersebut agar ulasan yang ditulis bisa lebih mendetail. Sebaiknya memang wajib dibaca terlebih dulu setelah paham baru ke tahap selanjutnya.

2. Tandai Bagian Penting

Setelah proses membaca selesai, kamu bisa menandai halaman-halaman yang sekiranya menunjukan detail cerita pada isi buku itu. Kamu bisa menandainya sembari membaca atau saat sudah selesai membaca. Terutama bagian bab buku yang sekiranya tepat untuk dimasukkan resensi. Tujuan dari menandai bagian penting adalah agar saat menulis resensi nanti tidak terlewat bagian penting untuk dicantumkan dalam resensi.

3. Membuat Ringkasan atau Sinopsis

Setelah dibaca dan ditandai bagian mana saja dari suatu buku yang sifatnya bisa dimasukkan ke resensi. Langkah selanjutnya adalah membuat sinopsis sendiri sesuai apa yang sudah dibaca. Saat membuat sinopsis sendiri, sebaiknya menggunakan bahasa dan gaya penulisan sendiri agar terlihat berbeda. Tulisan sinopsis ini kemudian dikembangkan lagi agar semua detail dalam buku bisa diulas secara lengkap, namun tetap singkat.

Baca Juga :

12 Contoh Resensi Buku Non Fiksi, Fiksi, Novel, Ilmu Pengetahuan Lengkap!

4. Memberi Penilaian Pribadi

Langkah terakhir setelah membuat ringkasan sendiri pada suatu buku adalah memberi penilaian pribadi yang mempertimbangkan semua aspek. Penilaian ini tentu saja menuliskan sejumlah kelebihan dan kelemahan pada buku tersebut sehingga pembaca lain bisa mengetahui seberapa bagus kualitas buku yang diresensi tadi. Sedangkan bagi penulis yang karya tulisnya dibuat resensi bisa lebih membangun kualitas diri. Berkat semua masukan di dalamnya, baik itu saran maupun kritik dari penulis resensi tersebut.

Contoh Hasil Resensi Buku

Judul Buku: The Host (Sang Pengelana)

Pengarang: Stephenie Meyer

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman: 770 Halaman

Sinopsis Novel The Host

Novel yang menarik perhatian karena kesuksesan Meyer pada novel seriesnya yang berjudul Twilight. Semakin penasaran karena membaca ringkasan dibelakang buku yang terlihat ceritanya menarik. Cukup menyita perhatian karena sekilas bercerita mengenai alien yang menginvasi bumi.

Dikisahkan Bumi telah diambil alih oleh sekelompok Alien yang tak kasat mata yang bernama Souls atau Jiwa yang sebenarnya berbentuk mirip gurita namun perak dan berkaki tipis. Mereka memasuki tubuh manusia dan menjadikan manusia tersebut sebagai inangnya. Setelah mengambil alih tubuh inang manusia tersebut untuk menjalani kehidupan barunya sesuai kehendak Jiwa tersebut. Sementara jiwa manusia yang tadinya berada dalam tubuh tersebut perlahan-lahan akan lenyap yang sebelumnya secara paksa digali memori-memorinya oleh Jiwa yang mendiami tubuh tersebut.

Para Jiwa yang telah menyusup menjadi manusia baru tersebut kemudian melanjutkan kehidupan normal, bahkan terlalu normal sebagai manusia. Menjalankan fungsi-fungsi dalam  tatanan masyarakat “manusia” semula yang sudah mereka pelajari. Juga, dengan menambah beberapa fungsi yang baru, yang paling penting untuk kelangsungan hidup mereka, yaitu Penyembuh, Penghibur dan Pencari.

Novel ini dibuka dengan kisah penyisipan seorang Jiwa yang telah sudah mempunyai banyak pengalaman berkelanan ke beberapa tempat dan berbagai macam inang dari planet yang bervariasi. Saat di bumi Jiwa sang pengelana ini disisipkan ke dalam tubuh seorang perempuan remaja bernama Melanie. Dipilihnya Jiwa berpengalaman ini yang kemudian diberi nama Wanderer dengan alasan agar bisa menggali informasi yang ada dalam memori  Melanie. Informasi tersebut akan diperlukan oleh Pencari untuk mencari tahu keberadaan sekelompok manusia yang belum tertangkap.

Akan tetapi, jiwa Melanie ternyata begitu kuat dan tidak mudah menyerah. Hal tersebut membuat Wanderer yang berada dalam tubuhnya kewalahan. Bahkan ketika Wanderer melihat dua sosok Laki-laki, Jared yang merupakan kekasih Melanie, Wanderer bagaikan terpikat sehingga ia memutuskan menyerah dan berbagi tujuan dengan Melanie untuk menemukan Jared dan Jamie, adik Melanie. Kejadian Inang yang bisa bertahan ini bisa dibilang langka sehingga Wanderer tidak menceritakan kepada siapa pun, Meskipun ini bertentangan dengan norma yang berlaku dalam tatanan masyarakat Alien mereka, tidak ada pembohong, tidak ada pengkhianat, semua tentang kebaikan dan kejujuran. Kehidupan yang indah dan harmonis.

Kelebihan Novel The Host

Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca kalangan para remaja dan dewasa. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku Meyer sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan sama baiknya dengan Twilight. Memiliki deskripsi imajinatif tentang planet dan makhluk lain di dunia

Kekurangan Novel The Host

Setelah membaca novel ini secara menyeluruh, ada beberapa poin yang kurang dijelaskan lebih jauh alasan dan bagaimana Alien bisa menginvasi bumi. Untuk akhir cerita juga tidak melanjutkan bagaimana manusia yang tersisa melawan balik Alien yang sudah menginvasi bumi. Pengembangan karakternya dangkal dan banyak karakternya tampak satu dimensi.

Nah itu tadi penjelasan, langkah-langkah dan contoh resensi buku yang bisa kamu pahami. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat kamu yang sedang ingin meresensi sebuah buku atau novel. Simak terus informasi menarik di blog Mamikos lainnya.

Baca Juga :

3 Contoh Makalah yang Baik dan Benar Beserta Penjelasan Sederhana serta Singkat

Baca Juga :

Contoh Buku Non Fiksi dan Buku Fiksi Serta Perbedaannya Lengkap


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah

Jelaskan langkah

Membaca buku yang akan diresensi secara komprehensif, cermat, dan teliti. Menandai bagian-bagian buku yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi. Menilai kualitas buku yang diresensi.

Langkah pertama dalam menyusun sebuah resensi?

langkah-langkah menyusun resensi yaitu: 1.Membuat judul resensi, 2. Menyusun data buku, 3.Membuat pembukaan resensi, 4. Menyusun isi resensi, 5. Membuat penutup resensi.

4 Berikut bukan merupakan langkah

Dalam menulis resensi, yang bukan termasuk langkah-langkah menulis ialah menaksir harga buku. Resensi merupakan suatu kegiatan menilai, membahas, mengkritik dan mengungkapkan kembali isi yang terdapat dalam sebuah karya sastra.