Interval dari nada do ke re merupakan contoh interval

Nada do – re memiliki interval?

  1. ½
  2. 1
  3. 2
  4. Semua jawaban benar

Jawaban: B. 1

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nada do – re memiliki interval 1.

Demikian Contoh Kisi-Kisi Soal dan Jawaban yang dapat KisiSoal.com bagikan.

Answered by ### on Wed, 03 Aug 2022 21:47:02 +0700 with category Seni.

Top 1: 5. Nada do ke fa, re ke sol , mi ke la merupakan interval... a ... - Brainly

Pengarang: brainly.co.id - Peringkat 112

Ringkasan: . Muatan:SBDPtolong jawap semuanya yang jawap semuanya tapi bener semuanya nantiku kasih jawapan tercerdas ​ . yang satu berbeda dengan karya 1 yang lainnya. Bentuk/dimensi [2 dimensi 3 dimensi Fungsi Pakai/terapan Ekspresi/hias Keterangan: Seni Budaya​ . No. Nama Produk Kerajinan 1 2 3 4 5 Bahan yang Digunakan Fungsi Tanggapan​ . 35. Bagaimana penari menerapkan pola lantai dalam menari? Jelaskan dengan singkat!​ . carilah nama pelukis yang berali

Hasil pencarian yang cocok: Nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval... a septim b. kwint. C. sekt d. kuart​. 1. Lihat jawaban. ...

Top 2: Dari Nada Do Ke Fa, Re Ke Sol, Mi Ke La Merupakan Interval?

Pengarang: kuisatu.com - Peringkat 136

Ringkasan: . Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval? septim. sekt. kuart. kuint. Semua jawaban benar Jawaban: C. kuart Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval kuart.. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Interval nada dari nada ke satu ke nada ketiga disebut? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap. .

Hasil pencarian yang cocok: 18 Agu 2021 — Berikut jawaban yang paling benar dari pertanyaan: Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval. ...

Top 3: Dari Nada Do Ke Fa, Re Ke Sol, Mi Ke La Merupakan Interval?

Pengarang: kuismedia.id - Peringkat 141

Ringkasan: Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval? septim. sekt. kuart. kuint. Semua jawaban benar Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. kuart.. Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah. Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval kuart. Pembahasan dan Penjelasan. Jawaban A. septim menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.. Jawaban

Hasil pencarian yang cocok: Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval? septim; sekt; kuart; kuint; Semua jawaban benar. Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling ... ...

Top 4: Nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan intervalâ

Pengarang: jwb31.dhafi.link - Peringkat 144

Ringkasan: Dhafi JawabCari Jawaban dari Soal Pertanyaan mu, Dengan Mudah di jwb31.dhafi.link Dengan Sangat Akurat. >> . Klik Disini Untuk Melihat Jawaban #Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#Answered by ### on Wed, 03 Aug 2022 21:47:02 +0700 with category SeniJawaban:Nada do ke fa, re ke sol, dan mi ke la

Hasil pencarian yang cocok: 22 Jul 2022 — Jawaban: Nada do ke fa, re ke sol, dan mi ke la adalah nada-nada yang tergolong ke dalam interval nada kuart. · Penjelasan: Semoga membantu :-). ...

Top 5: Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval?

Pengarang: kampuskuis.com - Peringkat 139

Ringkasan: . Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval? septim. sekt. kuart. kuint. Semua jawaban benar Jawaban: C. kuart. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval kuart.

Hasil pencarian yang cocok: 25 Mar 2022 — Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval? septim; sekt; kuart; kuint; Semua jawaban benar. Jawaban: C. kuart. ...

Top 6: INTERVAL (MUSIK) ~ Pusat Ilmu Pengetahuan - UNKRIS Jakarta

Pengarang: p2k.unkris.ac.id - Peringkat 150

Hasil pencarian yang cocok: Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb-nya. 5. Quin/Kuint: adalah interval ... ...

Top 7: E. Tema 8 SBDP Interval Nada | Other Quiz - Quizizz

Pengarang: quizizz.com - Peringkat 132

Hasil pencarian yang cocok: Dari nada do ke fa, re ke sol, mi ke la merupakan interval ... answer choices. septim. sekt. ...

Top 8: Jago Main Gitar Secara Autodidak

Pengarang: books.google.com.au - Peringkat 284

Hasil pencarian yang cocok: Kuart, yaitu interval dari nada ke satu ke nada ke empat di atasnya, misalnya nada Do ke Fa, Re ke Sol, Mi ke La, dan lain sebagainya. ...

Top 9: Super Kilat Belajar Gitar Dalam Sehari

Pengarang: books.google.com.au - Peringkat 290

Hasil pencarian yang cocok: ... misalnya nada Do ke Fa , Re ke Sol , Mi ke La , dan lain sebagainya . ... Septim , yaitu interval tujuh nada dan nada ini merupakan semua nada . ...

KOMPAS.com – Musik terdiri dari rangkaian nada yang dipisahkan oleh interval nada. Ovan Bagus Jatmika dalam buku berjudul Teori Musik I Musik Tonal [2016] menyebutkan bahwa interval adalah ukuran jarak pitch [tinggi atau rendahnya suatu nada] di antara dua nada.

Latifah Kodijat dalam buku berjudul Istilah-Istilah Musik [1983] menyebutkan interval berasal dari bahasa Italia intervallo yang berarti antar nada, jarak antar nada, dan juga dwinada. Sehingga interval dapat diartikan sebagai jarak antara dua nada.

Interval nada memiliki beberapa nama sesuai dengan jenisnya. Moh. Muttaqin dan Kustap dalam buku Musik Klasik: Pengantar Musikologi untuk SMK [2008] menyebutkan bahwa interval nada diberi nama berdasarkan jumlah hitungan nada yang bersangkutan.

Jenis-jenis interval nada

Ada delapan jenis interval nada dalam tangga yang dinamai dengan prime, second, terts, kuart, kwint, sekst, septim, dan oktaf. Berikut penjelasannya:

Prime adalah interval nada atau jarak antar nada dengan pitch yang sama. Interval nada prime sering disebut dengan unison atau first.

Contoh interval nada prime adalah jarak antara C ke nada C lagi. Prime memiliki kesan yang kompak dan polos, juga senada jika dibunyikan dua alat musik yang berbeda.

Baca juga: Contoh Lagu Daerah dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Second adalah interval nada antara satu nada dan nada lainnya dengan pitch satu tingkat di atasnya. Atau dapat disebut second adalah interval dari nada ke sau ke nada ke dua. Misalnya dari nada C ke nada D. interval nada second memiliki kesan bunyi seperti melangkah.

Nama interval dari nada do ke do tinggi disebut terts. Contoh interval terts adalah nada C ke nada E [terts besar] yang memberikan lompatan melodi dengan kesan yang cerah dan nada C ke nada Eb [terts kecil] yang memberikan lompatan melodi dengan kesan yang sempit, gelap, juga sedih.

Kuart adalah jarak antar nada ke satu dengan nada ke empat. Contoh interval kuart adalah nada C ke nada F yang memberikan kesan bunyi yang selaras.

Interval kwint adalah jarak nada ke satu dengan nada ke lima. Interval kwint juga dapat disebut tersusun dari dua interval terts. Contoh interval kwint adalah nada C ke nada G dengan kesan yang selaras.

Interval sekst adalah jarak nada ke satu dengan nada ke enam. Contoh interval sekst adalah jarak nada C ke nada A dengan kesan selaras yang kuat dan meyakinkan. Interval sekst besar menambahkan kesan gembira, sedangkan interval seks kecil menambahkan rasa sedih.

Baca juga: Contoh Lagu Nasional dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Interval septim adalah jarak nada ke satu dengan nada ke tujuh. Misalnya jarak antara nada C ke nada B yang memberikan kesan ketegangan dan keterlaluan, sehingga membuatnya menjadi interval yang kurang enak ketika dinyanyikan.

Interval oktaf adalah jarak antara nada ke satu dengan nada ke delapan. Contoh interval oktaf adalah jarak antara nada C ke C’ yang memberikan kesan selaras, meyakinkan, megah, dan agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

RANGKUMAN MATERI

SBdP KD 3.2

Interval nada [musik] adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah.
Interval nada ada yang bernilai 1 dan ada pula yang bernilai setengah. Untuk interval nada mayor memiliki interval 1- 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2 ini berlaku apabila masih normal menggunakan nada do = C yaitu urutan Nadanya C – D – E – F – G – A – B – C. Lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar berikut ini :

interval nada

1]      Interval adalah sebuah jangka [ langkah] dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’

c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.

c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.

c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.

c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.

c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.

c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.

c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.

c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.

Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.

1. Deretan nada-nada [naik turun] dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.

2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½

3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.

Interval adalah sebuah jangka [ langkah] dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.

Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal,nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada Cmayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’

  • 1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do

  • 2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re

  • 3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi

  • 4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.

  • 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.

  • 6. Sekt: adalah interval enam nada.

  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.

  • 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian.

Perhatikan contoh berikut.

interval harmonis

interval melodis

4    Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi[ascending interval ] dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval] Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.

Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.

1. Interval prim [ “prime”] Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.

2. Interval sekon [“secondo”] Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak.

3. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula [konsonan sempurna][do-mi].

4. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar [konsonan sempurna] [do-fa].

5. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman [konsonan sempurna], kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman [dosol].

6. Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman [do-la].

7. Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman [do-si].

8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman [do-do]’.

Simak penjelasan lengkapnya dalam video di bawah ini yah!

Video yang berhubungan