Buku panduan ut.ac.id

Panduan Registrasi OnlineInformasi alur kerja dan panduan pengguna mengenai Registrasi Online Universitas Terbuka, Registrasi Online Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka

  • Program Sarjana dan Diploma Fekon, Fisip, Fmipa, dan Fkip.
  • Program Pascasarjana.

Download

Silahkan Download panduan karya ilmiah (karil). Bagi Peserta Karya Ilmiah (Karil) yang berasal dari FKIP silahkan Download pada Folder Panduan Karil FKIP sedangkan bagi yang berasal dari FHISIP, FMIPA, FE dan PPs silahkan download pada folder Panduan karil FHISIP, FMIPA, FEKON, PPs.

Panduan Karil

Yth. Para Mahasiswa Program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka.

Menindaklanjuti surat kami Nomor: 46285/UN31.WR.3/PK.04.11/2020 tanggal 19 November 2020 dan Nomor: 47943/UN31.WR.3/11/2020 tanggal 1 Desember 2020, kami sampaikan:

  • Program Sarjana dan Diploma
  • Program Pascasarjana
  • Program Sertifikat

Katalog Universitas Terbuka (UT) untuk FE, FHISIP, FST, dan FKIP terdiri atas Katalog Sistem Penyelenggaraan dan Katalog Kurikulum. Katalog Sistem Penyelenggaraan FE, FHISIP, FST, dan FKIP berisi informasi tentang tujuan pendirian UT, Visi dan Misi, sistem pembelajaran, jaringan kerja sama, registrasi, biaya pendidikan, bahan ajar, bantuan belajar, evaluasi hasil belajar, kelulusan, ketentuan umum administrasi akademik, kemahasiswaan dan alumni, serta program akademik. Sementara itu penjelasan tentang program akademik terdapat pada Katalog Kurikulum FE, FHISIP, FST, dan FKIP yang berisi informasi tentang sebaran beban studi, tujuan kurikuler, dan struktur kurikulum program jenjang Diploma dan program jenjang Sarjana yang ditawarkan oleh UT.

Melalui Katalog Program Pascasarjana UT ini, para mahasiswa PPs UT, calon mahasiswa, atau masyarakat luas yang ingin mengenal lebih jauh tentang PPs UT diharapkan dapat mempelajari dan mengetahui tentang program-program yang ditawarkan, sistem registrasi, sistem pembelajaran dan bantuan belajar, bahan ajar, evaluasi hasil belajar, Tugas Akhir Program Magister (TAPM/Tesis), peraturan akademik, kelulusan dan informasi lain yang perlu diketahui. 

Katalog Program Sertifikat Universitas Terbuka (UT) 2019/2020 menyajikan berbagai informasi terkait dengan program sertifikat yang ditawarkan Universitas Terbuka, yang meliputi Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB), Program Pelatihan singkat dan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM). Sebagian besar Program Pendidikan Berkelanjutan dan semua PMKM diakui atau dapat dialihkreditkan untuk melanjutkan studi di Universitas Terbuka. Sementara Program Pelatihan merupakan program-program pelatihan untuk meningkatkan skills (keterampilan) dari para pesertanya dari berbagai kalangan, yaitu mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Katalog ini merupakan petunjuk bagi para peserta program, pemangku kepentingan, para pengurus kelompok belajar (Pokjar), dan bagi  petugas UT, baik di Unit Program Belajar Jarak Jauh UPBJJ-UT maupun di UT Pusat.  Katalog ini memuat hal-hal penting yang harus diperhatikan dari Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB), program pelatihan singkat maupun PMKM mulai dari persyaratan pembukaan program, cara registrasi, kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi hasil belajar, syarat penyelesaian program, dan berbagai informasi penting lainnya. 

Share This Post

Another Content

Berapa sks yang harus ditempuh s1 UT?

Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang dapat ditempuh oleh setiap mahasiswa per semester maksimum 24 sks.

Berapa sks per semester UT?

Sebagaimana aturan yang ada, maksimal jumlah sks yang dapat diambil mahasiswa tiap semester adalah tidak boleh lebih dari 24 sks. Sementara itu bagi mahasiswa paruh waktu, yaitu mahasiswa yang berstatus bekerja, kemampuan belajar tiap semester rata-rata sekitar 18 sks.

Mata kuliah UT apa saja?

Akademik.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia..
Pendidikan Bahasa Inggris..
Pendidikan Biologi..
Pendidikan Fisika..
Pendidikan Kimia..
Pendidikan Matematika..
Pendidikan Ekonomi..
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan..

Apakah pendaftaran UT masih buka 2022?

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mahasiswa UT, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut: 1. Batas waktu pendaftaran mahasiswa baru Jalur RPL/Alih kredit dan Jalur Non RPL yang semula ditutup tanggal 16 Agustus 2022, kami perpanjang menjadi tanggal 22 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.