Buatlah peta pikiran pada setiap paragraf sesuai isi teks lisan membuat kliping bersama

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas mengenai menyajikan ide pokok teks laporan lisan. Pembahasana akan fokus kepada Mencari Kata Kunci, Menentukan Ide Pokok, dan Membuat Peta Pikiran Teks Laporan Lisan. Semoga bermanfaat.

Teks Laporan Lisan

Teks laporan lisan adalah teks laporan yang disampaikan secara langsung, baik dalam laporan pengamatan maupun dalam bentuk wawancara.

Dalam setiap teks laporan terdapat ide pokok. Ide pokok merupakan gagasan utama atau masalah pokok yang menjadi fokus pembahasan dalam suatu paragraf. Pada umumnya dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok.

Langkah-Langkah Menemukan Ide Pokok pada Teks Laporan Lisan

  1. Mendengarkan teks dengan saksama
  2. Mengetahui kesan umum atau inti dari teks tersebut.
  3. Mencatat kata-kata kunci yaitu kata yang selalu diulang.
  4. Menuliskan kesimpulan dari kata berulang dan inti dari teks.
  5. Menuliskan ide pokok dalam bentuk frasa.

Perhatikan teks laporan lisan dalam tayangan berikut!

Berdasarkan teks laporan lisan tersebut, tentukan:

1. Carilah kata kunci teks laporan lisan tersebut!

Pembahasan:
Kata kunci : Ikan Hiu

2. Tentukan ide pokok setiap paragraf!

Pembahasan:Ide pokok masing-masing paragraf:Paragraf 1 : Ciri-ciri ikan hiuParagraf 2 : Spesies dari ikan hiu

Paragraf 3 : Keunikan kerangka ikan hiu

3. Buatlah peta pikiran berdasarkan ide pokok teks laporan!

Pembahasan:

Demikian pembahasan mengenai Mencari Kata Kunci, Menentukan Ide Pokok, dan Membuat Peta Pikiran Teks Laporan Lisan. Semoga bermanfaat.

Pembahasan soal-soal yang terdapat dalam Buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Pembahasan soal yang terdapat dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Written By I Wayan Ardika

Suatu teks bacaan, biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Gagasan pokok merupakan topik atau inti yang dibahas pada suatu paragraf. Gagasan pokok ditemukan pada kalimat utama yang terletak di bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.

Gagasan pendukung merupakan uraian atau informasi tambahan dari gagasan pokok suatu paragraf. Gagasan pendukung dapat ditemukan pada kalimat-kalimat penjelas.

  1. Bacalah teks dengan cermat dan seksama [dapat juga membaca dalam hati]!
  2. Cermati kalimat pertama hingga kalimat terakhir pada setiap paragraf!
  3. Temukan kalimat utama dan kalimat penjelas pada setiap paragraf!
  4. Tentukanlah gagasan pokok yang terletak pada kalimat utama dan gagasan pendukung yang terletak pada kalimat penjelas paragraf.

Contoh Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Pada paragraf di atas, telah ditemukan kalimat utama dan kalimat penjelasnya. Gagasan pokok terletak pada kalimat utama, yaitu Batik merupakan kain asli Indonesia. Sedangkan gagasan pendukung terletak pada kalimat-kalimat penjelasnya, yaitu:

  1. Cara membuat kain batik. [dari kalimat pendukung ke-1]
  2. Tempat asal kain batik. [dari kalimat pendukung ke-2]
  3. Persebaran kain batik. [dari kalimat pendukung ke-3 dan ke-4]

Gagasan pokok dan gagasan pendukung suatu paragraf dapat disajikan ke dalam peta pikiran. Peta pikiran adalah cara menuangkan informasi yang diperoleh  ke dalam bentuk diagram. Peta pikiran dapat memudahkan kita untuk mengingat isi dan informasi penting  suatu teks. Perhatikan contoh!

Gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf di atas dapat dibuat dalam bentuk peta pikiran seperti berikut!

Selain pada teks tertulis, gagasan pokok dan gagasan pendukung juga ada pada teks lisan. Teks lisan merupakan teks yang dibacakan. Gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam teks lisan ditemukan dengan cara menyimak. Menyimak merupakan mendengarkan dengan cara saksama hal yang dibacakan atau dibicarakan. Contoh misalnya Ibu Guru membacakan sebuah paragraf berikut!


Setelah menyimaknya, tentu kita dapat menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya, setelah kita menentukan kalimat utama dan kalimat penjelasnya. Gagasan pokoknya yaitu: makanan tradisional Indonesia mampu menarik wisatawan. Sedangkan gagasan pendukungnya yaitu:

  1. makanan tradisional khas daerah dapat memanjakan wisatawan;
  2. makanan tradisional memiliki beragam jenis, rasa, dan penyajian;
  3. jenis makanan tradisional berupa makanan utama hingga kudapan.

Peta pikiran yang berisi gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat dijadikan acuan untuk membuat suatu ringkasan. Ringkasan merupakan suatu penyajian singkat dari sebuah teks dengan tetap mempertahankan urutan isi teks. Meringkas isi teks sama dengan menulis kembali isi teks secara singkat. Adapun langkah-langkah dalam membuat ringkasan yaitu:

  1. Bacalah teks dengan saksama [bisa dalam hati].
  2. Gunakan kalimat tanya apasiapamengapabagaimanadimana dan kapan untuk mengetahui kejadian yang diceritakan dalam teks.
  3. Catatlah hal-hal penting yang kamu temukan saat membaca teks.
  4. Buatlah peta pikiran untuk mencatat gagasan pokok dan gagasan pendukung pada setiap paragraf.
  5. Buatlah ringkasan berdasarkan peta pikiran menggunakan bahasamu sendiri.
  6. Urutkan peristiwa harus sesuai dengan isi teks sebenarnya.
  7. Gunakan kalimat yang ringkas. Hindari pengulangan kalimat dan bahasa yang tidak efektif.

Sekian pembelajaran kali ini tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung. Sampai jumpa pada materi berikutnya.

4. Dodotira kumitir bedhahing pinggir. Dodot iku arane. A. Pangananb. Sandhanganc. Tetumpakand. Kewan5. Kanggo seba mengko sore. Seba tegese. A. Marab … . Kandhac. Sangud. Mangan​.

cara membuat kliping iklan media cetak ​

semua jawaban bupena 5d hal 176 sampai 185 tolong dijaw6​

sebutkan tahapan metamorfosis sempurna! [kls IV]

Apa yang dimaksud dengan konsumen​

Setiap orang yang melanggar hukum harus dikenai sanksi tanpa terkecuali, karena. A. Tidak semua orang harus dihukum b. Kita semua setara dimata hukum … c. Tidak ada yang pantas dihukum d. Beberapa orang kebal hukum.

Tuliskan watak tokoh pada cerita sakuriang​

RINGKASAN CERITA BAWANG MERAH BAWANG PUTIH​

tolong jawab pliss klik sini poin banyak tapi jangan ngasal jawab ayooo big poin ​

III. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan uraian singkat dan jelas! 1. Jelaskan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam iklan media cetak! Jawab : -98 … 07 2. Jelaskan perbedaan iklan baris dengan iklan kolom! Jawab : 3. Iklan yang baik adalah iklan yang menggunakan bahasa yang komunikatif. Apa yang dimaksud komunikatif? Jelaskan! Jawab : 4. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada iklan media elektronik, yang berupa iklan televisi, radio, dan internet! Jawab : 5. Buatlah contoh iklan layanan masyarakat! SHOTS Jawab :​

sebutkannilai:sosialpendidikanbudayamoralagamapada cerita rakyat "si lidah pahit"​

Diketahui , a = 2i + j + 3k dan b = i + 3j- nk jika ab = 1/2 i + 1/2 j - 1/2 nk, hitung nilai n​.

3. Berdasarkan kutipan wawancara di atas, apakah manfaat dari kegiatan E wawancara tersebut? Jelaskan jawaban kalian! Jawab:​

Perhatikan surat pribadi berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! Rasanya sudah lama sekali kita tidak berjumpa. Tak terasa sudah empat tahun sejak … kamu dan keluargamu pindah ke semarang tak pernah kudengar bagaimana berita kabarmu. Aku berharap kamu senantiasa berada didalam perlindungan Tuhan di manapun kamu berada. Akhir bulan ini keluarga besarku berencana pergi ke rumah saudara di semarang. Doakan aku semoga aku bisa ikut dalam rombongan dan sekalian aku mampir ke rumahmu untuk silaturahmi.__________________________________9. ] Tuliskan informasi dalam isi surat pribadi tersebut! 10. ] Berdasarkan isi surat tersebut buatlah balasan surat pribadi!​

carialah unsur intrinsik cerpen di atas​

iklan yang sangat menarik perhatian dan pesankan karena merupakan kombinasi dari suara gambar dan gerak yang memiliki karakteristik Yaitu dapat diliha … t dan didengar adalah iklan​

Tulis dan sebutkan shalat yang caranya berbeda dengan shalat pada umumnya.

amanat yang terkandung dalam lengenda garut

resensi laskar pelangi, kelebihan dan kekurangan nya apa​

Buat percakapan atau dialog menggunakan kalimat Simple Present TenseMinimal 10 kalimat..Ex:A : 5 kalimatB : 5 kalimatTolong Dibantu kakk:]​

Video yang berhubungan