Berikut merupakan jenis pensil yang dipakai menggambar teknik adalah

Sumber: freepik

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal jenis jenis pensil berdasarkan tingkat kekerasan dan ketebalannya. Hal ini kemudian membuat pensil-pensil tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Pensip merupakan salah satu alat tulis dan menggambar yang kita gunakan sehari-hari. Pensil pertama kali ditemukan pada masa Romawi dan dibanderol dengan harga yang fantastis, loh, Sobat Shopee.

Selama bertahun-tahun pensil terus berkembang hingga memiliki jenis jenis yang kita kenal sekarang ini. Lantas apa saja jenis jenis pensil tersebut dan apa saja fungsinya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini.

Baca Juga: Berniat Renovasi Rumah? Berikut 7 Ide Desain Ruangan yang Bisa Dipilih

Jenis Jenis Pensil Berdasarkan Ketebalan dan Fungsinya

Terdapat tiga kategori utama pensil grafit, yaitu kategori B, F, dan H. Dari ketiga kategori ini, kemudian dibagi lagi menjadi jenis jenis lainnya berdasarkan tingkat ketebalan dan fungsinya.

Pensil kategori B lebih tebal daripada jenis lainnya, tetapi tetap mudah dihapus. Pensil ini ideal untuk membuat sketsa maupun untuk menulis catatan.

Pensil kategori F memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding kategori yang lain. Pensil kategori ini terlalu gelap untuk digunakan untuk menulis maupun menggambar sehari-hari.

Terakhir, pensil kategori H memiliki ketebalan paling ringan dibanding kategori lainnya. Pensil ini cocok untuk digunakan dalam pembuatan sketsa terang dan gelap. Selain itu, pensi ini juga mudah untuk dibersihkan dengan penghapus.

1. 8B

Beli Sekarang

Pensil 8B adalah jenis pensil kategori B paling gelap untuk dipakai sehari-hari. Banyak seniman maupun pelukis yang memilih pensil ini untuk membuat sketsa.

Mulai dari membuat tonjolan, sisi gelap dan terang, hingga mengarsir, pensil 8B adalah pilihan yang sempurna untuk sketsa maupun lukisanmu.

2. 7B

Beli Sekarang

Opsi lain untuk kamu yang mencari pensil dengan ketebalan tinggi adalah pensil 7B. Pensil ini juga sangat cocok untuk keperluan menggambar maupun membuat sketsa.

Bayangan yang dihasilkan dari goresan pensil 7B berupa abu-abu gelap dengan intensitas terang yang sedikit di atas pensil 8B. Saat digunakan di atas kertas, Sobat Shopee dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan.

3. 6B

Beli Sekarang

Setiap seniman maupun ilustrator profesional akan mengatakan bahwa pensil 6B adalah pensil gambar grafit terbaik yang ada. Pasalnya, hasil gambar yang dihasilkan pensil ini dapat memberikan tingkat kegelapan yang sempurna.

Jika Sobat Shopee ingin membuat sketsa potret, pensil 6B ini akan memberikan hasil yang realistis. Mulai dari tekstur kulit, kain, hingga bulu.

Selain itu, jenis pensil yang satu ini sangat mudah tumpul sehingga kurang cocok digunakan untuk menggambar detail.

4. 5B

Beli Sekarang

Tingkat kelembuatan pensil kategori B meningkat seiring dengan jumlah angka yang menyertainya. Salah satu yang memiliki tingkat kelembutan menengah dari kategori ini adalah pensil 5B.

Jenis pensil ini akan menghasilkan tanda yang lebih gelap di atas kertas dan lebih soft. Pensil 5B biasanya digunakan untuk tujuan seni, seperti menggambar sketsa dan membuat draft.

5. 4B

Beli Sekarang

Tidak seperti tipe sebelumnya, pensil 4B sedikit lebih ringan dan lembut. Pensil ini ideal untuk membuat sketsa dan menggambar realistis. Sifatnya yang ringan membuatnya mudah untuk digoreskan pada kertas gambar.

Dengan menggunakan pensil 4B, kamu akan lebih mudah membuat goresan yang lebih tipis, yaitu hanya dengan mengurangi tekanan saja. Lalu, jika ingin membuat garis yang tebal, kamu bisa memberikan tekanan tambahan.

6. 3B

Beli Sekarang

Pensil 3B merupakan varian dengan dominasi warna terang yang lebih banyak daripada warna gelapnya. Bila digoreskan di atas kertas, pensil ini akan menghasilkan warna abu-abu terang.

Jika Sobat Shopee menggambar sketsa maupun draft yang memiliki unsur cahaya, jenis pensil ini sangat ideal untuk kamu pakai.

7. 2B

Beli Sekarang

Pensil 2B merupakan pensil yang paling sering kita temui dan gunakan sehari-hari. Pensil ini memiliki rentang gelap dan terang yang ideal untuk digunakan dalam berbagai hal.

Sifat pensil ini memberikan warna sedang hingga gelap yang bervariasi, tergantung pada cara pengaplikasiannya. Oleh kerena itu, pensil 2B cocok untuk digunakan dalam menggambar, membuat sketsa, dan mengarsir.

Baca Juga: Sontek 10 Desain Interior Rumah Minimalis, Rumah Terasa Lebih Lapang

8. HB

Beli Sekarang

Pensil HB merupakan pensil grafit standar dengan fitur gelap-terang yang netral dibandingkan dengan jenis-jenis pensil yang lain. Dalam skala kegelapan pensil, letak pensil HB tepat berada di tengah-tengah.

Nama HB berasal dari unsur kategori B yang menjelaskan tingkat kehitamannya dan juga H yang menjelaskan tingkat kekerasannya.

Tingkat kekerasan pensil ini juga sangat sempurna untuk menggambar dan tujuan lain yang berhubungan dengan karya seni. Pada dasarnya, pensil HB ini cocok digunakan untuk apa saja, termasuk untuk menulis.

9. F

Beli Sekarang

Pensil F memiliki hasil goresan yang sedikit lebih ringan dari pensil HB. Seperti pensil HB, pensil ini mampu menghasilkan goresan yang lebih gelap dan lebih terang.

Bahan grafit yang adap pada pensil F sedikit lebih keras daripada pensil HB. Hal ini membuat pensil ini dapat tetap tajam meskipun telah digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Jenis pensil ini lebih cocok digunakan untuk menulis dan menggambar realisme.

10. 2H

Beli Sekarang

Tidak seperti klasifikasi pensil lainnya, pensil H mengandung konsentrasi timbal yang lebih rendah, sehingga warna yang dihasilkan lebih terang dan mudah dihapus. Termasuk salah satunya pensil 2H ini.

Jenis pensil ini sangat bagus untuk berbagai perkerjaan teknis. Mulai dari membuat garis-garis arsiran hingga sketsa blok.

Jika Sobat Shopee baru mengenal seni dan menggambar, pensil yang satu ini dapat menjadi pilihan yang pas untukmu. Sebab, sifatnya yang mudah dihapus tidak akan merusak kertas gambarmu.

11. 3H

Beli Sekarang

Hampir mirip dengan pensil 2H, pensil 3H juga meninggalkan jejak yang sangat tipis di atas kertas. Pensil ini memiliki warna abu-abu terang yang dominan.

Tentunya, jenis pensil 3H sangat cocok untuk gambar sketsa yang melibatkan penambahan warna terang. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai isian saat mengarsir bagian terang dalam sketsamu.

12. 4H

Beli Sekarang

Pensil 4H merupakan tipe pensil yang mampu menonjolkan garis-garis halus. Pensil ini sangat baik untuk kamu yang mencari pensil dengan bayangan terang yang condong ke arah abu-abu.

Pensil 4H dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk menggambar dan membuat sketsa. Dari sisi ketajaman, pensil ini pun tidak mudah tumpul, sehingga kamu tidak perlu sering-sering merautnya.

13. 5H

Beli Sekarang

Pensil 5H memiliki tingkat kekerasan yang membuatnya mampu menciptakan garis gelap tetapi tipis. Hal ini menjadikan pensil ini sebagai salah satu pilihan pensil mekanik terbaik.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan gambar maupun sketsa dengan tanda gelap yang tipis, pensil ini sangat cocok untuk kamu pilih.

14. 6H

Beli Sekarang

Pensil 6H adalah pensil grafit berkualitas tinggi yang bisa digunakan untuk membuat sketsa, menggambar, menulis, dan aplikasi artistik serta teknis lainnya.

Pensil ini memiliki tingkat kekerasan tertinggi di antara semua jenis pensil yang ada. Selain itu, pensil 6H juga dapat memberikan tingkat kegelapan paling tipis di atas kertas.

Baca Juga: 7 Merk Pensil Alis Lokal Terbaik: Tahan Lama dan Terjangkau

Dapatkan Berbagai Jenis Pensil di Atas Hanya di Shopee

Itu dia berbagai jenis pensil yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Ternyata ada banyak variasi pensil berdasarkan ketebalan dan fungsinya, ya, Sobat Shopee.

Jika kebutuhanmu untuk menulis, kamu bisa menggunakan pensil 2B. Namun, jika berhubungan dengan dunia seni, tentu kamu bisa menggunakan beberapa jenis pensil yang disebutkan di atas.

Nah, bagi kamu yang memerlukan aneka jenis pensil baik untuk menggambar, membuat sketsa, draft, dan lainnya. Kamu bisa dapatkan produknya di Shopee Mall dengan mudah dan harganya terjangkau.

Shopee Mall merupakan wadah untuk berbagai kebutuhan harianmu, termasuk aneka jenis pensil untuk menggambar dan sketsa. Barang yang ada di Shopee Mall sudah pasti 100% original.

Shopee Mall juga menawarkan 7 hari pengembalian jika barang yang kamu terima rusak atau cacat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak promo menarik lainnya seperti gratis ongkir extra, cashback, hingga diskon.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera cek Shopee sekarang juga!

Featured

Tags: alat tulisjenis pensiljenis-jenis pensilpensil