Berapa lama dari Indo ke Amerika?

» Jarak negara » Amerika Serikat » Indonesia


14.969 km 9.301 mil 8.083 mil laut
Jarak dihitung antara pusat geografis Amerika Serikat dan Indonesia.

Maskapai Penerbangan Jarak dan waktu penerbangan Antara Amerika Serikat dan Indonesia

JarakKecepatan PenerbanganWaktu penerbangan
14.969 km 900 km / jam 16 jam 37 menit
14.969 km 700 km / jam 21 jam 23 menit
14.969 km 500 km / jam 29 jam 56 menit
Jarak garis lurus antara Amerika Serikat dan Indonesia dihitung dengan menggunakan rumus matematika [Referensi]. Pelayaran komersial penumpang jarak jauh jarak jauh yang khas dengan kecepatan sekitar 900 km per jam.


Matahari terbit, terbenam, waktu setempat di Amerika Serikat dan Indonesia

Amerika SerikatIndonesia
Matahari Terbit
7:10 5:06
Matahari Terbenam
17:08 17:15
Panjang Hari
9 jam 58 menit 11 jam 51 menit

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah bisa naik pesawat dari Jakarta ke Amerika Serikat ditempuh dalam waktu 8 jam saja? Kami mencari tahu dengan bertanya ke beberapa pihak maskapai penerbangan dan agen perjalanan wisata yang memiliki produk tiket atau wisata ke Amerika Serikat.

Baca juga: Rute Mana Saja yang Perlu Terbang 8 Jam dari Jakarta?

“Pesawat Etihad rutenya dari Jakarta transit ke Abu Dhabi kalau mau ke Amerika (Serikat), itu lebih dari 8 jam. Jakarta Abu Dhabi saja sudah 8 jam. Abu Dhabi ke Amerika (Serikat) seperti New York, Chicago, dan Washington menggunakan maskapai Etihad perjalanannya memakan waktu sekitar 14 jam,” jelas Yuli, Account Manager Etihad Jakarta, saat ditemui di sela-sela pameran Kompas Travel Fair 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (22/09/2019).

Baca juga: Wahana Roller Coaster Air Pertama di Dunia Bakal Hadir di Amerika Serikat

Ia menjelaskan bila terbang ke Amerika Serikat menggunakan Etihad harus transit terlebih dahulu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Lama transit di Abu Dhabi memakan waktu tiga sampai empat jam. Jika ditotal, lama penerbangan dari Jakarta ke Amerika Serikat bisa memakan waktu seharian.

Baca juga: Agar Tak Perlu Antre Pemeriksaan Imigrasi Setibanya di Amerika Serikat

“Itu belum termasuk transit, kalau transit di Abu Dhabi membutuhkan waktu paling tidak 3-4 jam. Jadi kalau delapan jam tidak mungkin,” jelasnya.

Think Stock Ilustrasi kabin pesawat

Hal yang sama juga dikatakan oleh Alex Djunisap, Business Director My Tours yang sering memboyong wisatawan Indonesia untuk tur ke Amerika Serikat.

“Pesawat yang kami gunakan pasti ada rute transit ke hubnya masing-masing. Seperti Singapore Airlines ke Singapore, China Airlines transit di Taipei,” jelas Alex.

Baca juga: Di Amerika Serikat Bakal Ada Museum Selfie, Apa Isinya?

Ia memaparkan jika ditotal dari Jakarta ke Amerika Serikat, rata-rata penerbangan memakan waktu 22 sampai 24 jam. Lama tempuh tersebut sudah termasuk dengan waktu yang dihabiskan untuk proses check-in, lamatransit, dan mengurus security check.

“Rata-rata memang Jakarta-Amerika (Serikat) itu 22 jam sampai 24 jam. Itu sudah transit, kalau transit paling sering, 3 sampai 4 jam yang ideal,” ungkapnya.

Shutterstock Sakura mekar di Washington DC, Amerika Serikat.

Apalagi, lanjut Alex, waktu yang dihabiskan saat security check. Pemeriksaan keamanan bagi penumpang yang ke Amerika Serikat begitu ketat.

"Ketat kalau ke Amerika. Jadi butuh waktu satu jam, belum jalannya dari gate ke gate,” lanjut Alex.

Baca juga: Transit di Dubai? Ini Panduannya

Sementara itu, delapan jam merupakan durasi waktu tempuh Jakarta ke Dubai dan Abu Dhabi. Kedua kota di Uni Emirat Arab ini kerap menjadi tempat transit penerbangan menuju Amerika Serikat.

“Dari sini (Jakarta) 8 jam paling jauh ke daerah Timur Tengah, tidak mungkin kalau 8 jam sampai ke Amerika (Serikat). Mungkin bisa terjadi kalau terbang dari Eropa, itu bisa. Kalau dari Eropa terbang ke Amerika (Serikat), memang 7 sampai 8 jam,” ujar Alex.

Sebelumnya dalam video "Barbie Kumalasari DIJEBAK soal Amerika! Boy William bingung! | #DrinksWithBoy : The Hangover" dari Youtube Channel Boy William, Boy William mewawancarai Barbie Kumalasari.

Salah satu pernyataan Barbie Kumalasari menyebut lama waktu penerbangannya dari Jakarta ke Amerika Serikat hanya 8 jam.

"Kalau gue sih 8 jam. Cepet gue waktu itu," ujar Barbie Kumalasari dalam video tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berapa lama perjalanan dari Indonesia ke Amerika?

Rata-rata durasi penerbangan nonstop dari Indonesia ke Amerika Serikat adalah 28j 33m, mencakup jarak 15411 km. Rute paling populer adalah Jakarta - New York dengan rata-rata waktu penerbangan 23j 15m.

Berapa jam dari Indonesia ke New York naik pesawat?

Durasi perjalanan tersingkat dari Jakarta ke New York adalah 21j 55m.

Berapa lama perjalanan dari Indonesia ke Los Angeles?

Adapun waktu tempuh menuju Los Angeles ialah sekitar 20 hingga 23 jam, ini tergantung maskapai penerbangan apa yang kamu pilih nantinya. Bahkan, ada beberapa maskapai yang bisa menghabiskan waktu tempuh sampai 26 jam lamanya.

Kenapa dari Indonesia ke Amerika tidak lewat timur?

Menurut Monroe Aerospace, alasan utama pesawat tidak terbang di atas Samudra Pasifik adalah karena rute melengkung lebih pendek daripada rute lurus.