Bagaimana cara mengurangi dampak negatif akibat penggunaan bahan bakar minyak yang berlebihan

Penggunaan minyak bumi saat ini sangat besar,baik itu diolah kembali menjadj bahan bakar untuk kendaraan ataupun dimanfaatkan dalam perindustrian. Sayangnya, minyak bumi yang digunakan secara berlebihan nyatanya memberikan efek negatif terhadap kondisi bumi ini. Lalu apa saja dampak dari penggunaan minyak bumi dan cara pencegahannya?

Minyak bumi adalah cairan alami yang ditemukan di bawah permukaan bumi yang dapat disuling menjadi bahan bakar. Minyak bumi merupakan bahan bakar fosil yang berarti bahwa minyak bumi telah diciptakan oleh dekomposi bahan organik selama jutaan tahun.

Kontaminan yang berasal dari minyak bumi merupakan salah satu sumber degradasi lingkungan yang paling umum di dunia industri. Dalam konsentrasi besar, molekul hidrokarbon yang membentuk minyak mentah dan produk minyak bumi sangat beracun bagi banyak organisme, termasuk manusia.

Minyak bumi juga mengandung sejumlah kecil senyawa sulfur dan nitrogen yang berbahaya dan dapat bereaksi dengan lingkungan untuk menghasilkan bahan kimia beracun. Adapun dampak dari penggunaan minyak bumi, antara lain :

Penggunaan transportasi saat ini sudah sangat tinggi baik itu transportasi umum maupun kendaraan pribadi, sehingga setiap harinya khususnya dikota-kota besar asap kendaraan yang dihasilkan juga sangat tinggi yang menyebabkan kualitas udara disekitarnya menjadi menurun dan dapat mengganggu kesehatan pernapasan.

Baca juga: Apa Saja Hasil Olahan Minyak Bumi?

Gas CO2 yang dilepaskan ke atmosfer berkontribusi pada gas rumah kaca yang menyebabkan begitu banyak masalah saat ini, terutama masalah pemanasan global yang memiliki dampak luar biasa terhadap alam.

Eksploitasi minyak bumi dengan menggunakan kapal tangker tidak menutup kemungkinan adanya kebocoran pada kapal tangker tersebut. Jika kapal bocor, maka minyak mentah yang ada di dalamnya akan keluar dan jatuh ke dalam air sehingga mengakibatkan pencemaran air. Hal tersebut akan mengganggu ekosistem air laut yang dapat menyebabkan keanekaragaman hayati laut menjadi banyak yang mati.

Pada proses pembakaran minyak bumi tentunya melepaskan gas-gas seperti CO2, NO2, dan SO2. Ketika zat-zat buangan dari hasil prmbakaran ini bergabung dengan air di udara, hujan yang jatuh akan sangat asam.

Salah satu akibatnya adalah pohon-pohon menjadi mati. Selain itu hujan asam juga dapat menyebabkan meningkatnya keasaman di lautan dan beberapa danau dipenuhi ikan mati, juga karena meningkatnya tingkat keasaman.

Pencegahan

Dampak dari penggunaan minyak bumi  terus menerus terjadi tentunya sangat mengancam alam dan isinya. Tentunya harus dilakukan upaya pencegahan dari dampak tersebut, contohnya antara lain :

  • Produksi biotenol, biotenol merupakan salah satu energi terbaharui yang dapat diproduksi dari tumbuhan seperti tebu, kentang, singkong, dan jagung. Produksi biotenol ini dimaksudkan untuk mengganti bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan.
  • Memproduksi bensin bebas timbal (Pb) sehingga bisa mengurangi zat timbal yang ada di udara. Penggunaan TEL (Tetra Ethyl Lead) dalam produksi bensin merupakan cara untuk meningkatkan bilangan oktan dari produk minyak bumi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bahan bakar tersebut. Namun penggunaan TEL yang mengandung timbal dalam bensin memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia.
  • Mengembangkan mobil listrik. Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan motor listrik bukan mesin pembakaran internal. Mobil ini menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpanan energi lainnya.
  • Mengembangkan kendaraan hibrida. Kendaraan listrik hibrida menggabungkan sebuah mesin pembakaran dengan satu atau banyak motor listrik. Kendaraan hybrida ini lebih hemat bahan bakar sehingga menghasilkan polusi yang lebih rendah.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, tentunya dari semua upaya yang dilakukan paling penting adalah kesadaran manusia untuk melindungi alam yang kita tempati. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak berkepanjangan dari penggunaan minyak bumi dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor untuk jarak yang dekat dan bisa diganti dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

Cara mengurangi dampak negatif akibat penggunaan bahan bakar minyak yang berlebihan adalah:

  1. Mengurangi pembakaran senyawa hidrokarbon.
  2. Memperbanyak wilayah hijau.
  3. Menggunakan energi alternatif.

Apa yang akan terjadi jika kita menggunakan bahan bakar secara berlebihan?

Dampak negatifnya jika BBM digunakan secara berlebihan adalah kita akan kehabisan bahan bakar dari minyak itu sendiri karena adanya pemakaian secara berlebihan. Jika BBM tersebut semakin berkurang maka harga sumber daya minyak pun akan semakin mahal.

Apa saja hal yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi dampak negatif pembakaran minyak bumi dan hidrokarbon?

Jawaban terverifikasi ahli question

  1. Membuat bensin yang tidak mengandung senyawa timbal.
  2. Menggalakkan penghijauan taman untuk mengurai polusi udara.
  3. Pengunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
  4. Pengunaan EFI (Electronic Fuel injection) pada bahan bakar.
  5. Penggunaan sel surya (tenaga matahari)

Bagaimana cara kita mengurangi penggunaan bahan bakar fosil?

Upaya Indonesia Mengurangi Ketergantungan Energi Fosil

  1. Menurunkan pemakaian batubara (PLTU).
  2. Meningkatkan Pemanfaatan listrik dari PLTS, PLTB, PLTGeotermal, PLTA (Air Terjun dan Air Deras).
  3. BBM untuk transportasi mulai beralih ke penggunaan baterai listrik dan biofuel.

Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif penggunaan minyak bumi sekaligus menghemat penggunaan minyak bumi yang semakin menipis?

Pembahasan

  • Beralih dari menggunakan transportasi pribadi kepada transportasi publik.
  • Menggunakan bahan bakar alternatif seperti menggunakan biogas.
  • Menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda.
  • Kurangi penggunaan plastik.
  • Bertindak tegas terhadap penambangan minyak bumi secara ilegal.

Mengapa menggunakan bahan bakar minyak bumi secara berlebihan dapat mengakibatkan pemanasan global?

karena bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya seperti Metana, Chlor, Belerang dan lain sebagainya dapat menyebabkan munculnya fenomena yang disebut dengan Efek Rumah Kaca (green house effect), yang memicu timbulnya pemanasan global.

Bagaimana cara mengatasi dampak pembakaran hidrokarbon?

Langkah-langkah mengatasi dampak pembakaran hidrokarbon, antara lain penghijauan, menggunakan sel bahan bakar (fuel cell), penggunaan konverter katalitik pada knalpot dan penggunaan EFI (elektronic fuel injection) sistem bahan bakar.

Cara mengatasi dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan: Melakukan penanaman tumbuhan sebagai penyerap karbon dioksida hasil pembakaran bahan bakar. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan. Memastikan pembakaran berlangsung sempurna agar tidak timbul karbon monoksida.

Mengapa harus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil?

Mencegah pemanasan global Pemanasan global terjadi saat terlalu banyak gas rumah kaca yang terperangkap dalam atmosfer bumi. Gas tersebut dihasilkan melalui penggunaan bahan bakar fosil. Oleh sebab itu, menghemat energi berarti mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga dapat mencegah pemanasan global.

Apakah upaya yang dapat kalian lakukan untuk menghemat minyak bumi?

Adapun cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat penggunaan minyak bumi, antara lain:

  1. Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.
  2. Memanfaatkan fasilitas kendaraan umum.
  3. Mulai bersepeda atau berjalan kaki.
  4. Mulai memanfaatkan sumber energi alternatif.
  5. Menggunakan bahan-bahan dari daur ulang.

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menghemat sumber daya alam?

Cara menghemat sumber daya alam antara lain menggunakan energi alternatif. Menggunakan sumber daya alam sesuai kebutuhan. Tidak mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Menciptakan kembali sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

3. Berikan nama untuk senyawa berikut: H H H | | /H - C - C = C | \ H H …

C2 H6 +O2 →CO2 +H2OTentukan jumlah atom kiri dan kanannya.. ​

Hitung tekanan uap larutan glukosa 72% dalam air pada suhu 25 C jika diketahui tekanan uap air murni pada suhu tersebut adalah 40 mmHg (Mr glukosa = 1 … 80

jelaskan tujuan dilakukan pengklasifikasian pada makhluk hidup ​

Pada temperatur dan tekanan 10 L Co2 mempunyai massa 11 gram tentukan volume 3 mol Co2

latihan 1. Berapa molar larutan C₂H5OH sebanyak 276 gram yang dilarutkan dalam 300 mL air? Ar C = 12 Ar H = 1 Ar O = 16​

6 Suatu larutan terbuat dari 9 gram zat non elektrolit dan 360 gram air. Tekanan uap larutan jenuh itu adalah 40 mmHg. Bila tekanan uap jenuh air pada … suhu yang sama adalah 40.1 mmHg. mnaka Mr zat tersebut adalah... 6. A. 90 D. 342 B. 126 E. 360 C. 180 7. Diantara kelima larutan dibawah ini yang titik bekunya paling tinggi adalah... A. Na CO; 0.3 M B. CH:COOH 0.5 M C. Glukosa 0,8 M D. Mg(N0;)> 0,2 M E. CuSO, 0.2 M​

larutan suatu zat non elektrolit x isotonik 3/42 gram gula (c12 h 12 011) dlm 200 ml larutan suhu kedua larutan tersebut sama berapakah mr zat non ele … ktrolit x sebayak 0,9 gram dalam 100ml larutan

tolong disertakn dgn cara penamaannya, terimakasih

19. Perhatikan tabel koefisen muai panjang beberapa logam berikut! Jenis logam Koefisien muai panjang (/°C) Platina 0,000009 0,000017 0,000019 0,00001 … 1 0,000025 Besi 0,000012 Seng 0,000026 Sebuah bimetal tersusun dari dua logam yang berbeda kemudian dipanaskan hingga terbentuk seperti pada gambar: Tembaga Kuningan Baja Alumunium logam A logam B logam A logam B bimetal pada suhu normal bimetal setelah dipanaskan Berdasarkan gambar maka bahan logam A dan logam B yang menyusun bimetal secara berurutan adalah .... A. A tembaga dan B seng B. A baja dan B kuningan C. A alumunium dan B baja D. A platina dan B besi ​