Bagaimana cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak?

ilustrasi jengkol/copyright By tupaiterbang from Shutterstock

Fimela.com, Jakarta Meski enak, namun banyak orang menghindari makan jengkol karena baunya yang menyengat. Bukan hanya meninggalkan bau di mulut, jengkol juga meninggalkan bau di peralatan makan hingga kamar mandi setelah buang air kecil. Hal ini pasti sangat mengganggu.

Itulah mengapa banyak orang ingin mengurangi atau menghilangkan bau jengkol, ini dia caranya agar bau jengkol hilang sebelum diolah.

1. Merendam semalaman

Rendam jengkol mentah dalam air semalaman. Bahkan ketika direndam, baunya akan keluar dan membuat ruangan bau, jadi ganti airnya dan bilas dengan air bersih jika sudah keruh atau berbusa.

2. Rebus hingga matang

Setelah direndam, rebus jengkol hingga matang. Cara ini juga bisa mengurangi baunya. Cukup sampai matang saja, tak perlu hingga empuk. Buang airnya dan bilas bersih.

3. Cuci dengan air beras

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Air beras juga bisa mengurangi bau jengkol, sisihkan air beras setelah mencuci beras. Kupas jengkol dan rendam di dalamnya selama beberapa jam sebelum dimasak.

4. Rebus dengan daun jambu biji

Jika kebetulan ada pohon jambu biji di sekitar rumah, ambil 6 lembar daun jambu biji untuk satu kilogram jengkol. Rebus keduanya hingga jengkol matang, getah dan aroma segar jambu biji akan mengurangi bau jengkol.

5. Rebus dengan kopi

Dengan aroma kopi yang kuat, kita bisa Menghilangkan Bau Jengkol dengan merendam atau merebusnya hingga matang. Jika tak punya waktu merendam semalaman, rebus saja 1 sdm bubuk kopi dengan 1 kilogram jengkol.

6. Rebus dengan daun salam dan kayu manis

Tips membuat jengkol goreng./Copyright shutterstock.com/g/Cjarlos+Spaski

Beberapa rempah juga bisa menghilangkan bau jengkol, cukup ambil beberapa lembar daun salam dan kayu manis untuk direbus bersama jengkol. Aroma rempah ini akan mendominasi aroma jengkol.

7. Rebus dengan daun jeruk

Sama halnya dengan daun salam, daun jeruk juga bisa mengurangi baunya. Akan lebih baik jika jengkol sudah dikupas dan dipotong-potong ketika akan direbus agar baunya hilang lebih banyak.

8. Rebus dengan kapur sirih

Ada juga yang menggunakan bubuk kapur dan daun sirih untuk menghilangkan bau jengkol. Bilas bersih setelah merebusnya hingga matang untuk menghilangkan kapur pada jengkol. 

Itu dia sekian cara menghilangkan bau jengkol sebelum diolah atau dimasak. Coba cara manapun yang kamu suka, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

  • Febi Anindya Kirana

    Author

What's On Fimela

powered by

Cara menghilangkan bau jengkol masih sering dicari orang, lho. Masalahnya meski baunya menyengat, sayuran yang termasuk buah polong-polongan ini tak pernah kehilangan penggemar. Baunya tak hanya ada di mulut, bisa sampai mempengaruhi bau air seni juga.

Membahas jengkol, tanaman yang bernama Pithecollobium jiringa ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang juga bisa ditemukan di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Mengutip Merdeka.com , dahulu pohon jengkol di Jawa Tengah hanya digunakan untuk patok cikal bakal calon kita Yogyakarta usai perjanjian Giyanti. Namun, biji jengkol tidak dimakan oleh masyarakat Jawa Tengah. Jengkol justru sudah popular dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Betawi.

Tak heran, banyak makanan asli Betawi seperti semur jengkol atau balado jengkol yang bisa ditemukan di Jakarta. Masakan jengkol khas Betawi pun hampir tidak memiliki bau sama sekali. Jengkolnya pun memiliki tekstur yang lembut dan nikmat saat dikunyah. Itu karena orang Betawi telah menguasai cara menghilangkan bau jengkol yang ampuh. Dijamin jengkol jadi makin mantap dimasak kalau tahu caranya!

Memilih Jengkol yang Benar

Dilansir dari Resep Koki, memilih jengkol disesuaikan dengan selera. Jengkol muda yang teksturnya masih keras dan agak pahit cocok diolah sebagai lalapan ditemani sambal terasi. Sedangkan jengkol tua yang tektsurnya lebih lembut dan lebih empuk bisa kita masak menjadi semur, balado, dan rendang.

Kalau mau memilih jengkol muda, pilih yang kulit arinya berwarna cokelat terang. Cirinya saat dibelah, warna dagingnya berwarna kehijauan. Untuk jengkol tua, pilih yang kulit luarnya cokelat tua dan saat dibelah warna dagingnya kuning dan sudah lebih lembut. Ingat, jangan memilih jengkol yang kulitnya sudah berlubang, ya. Tandanya jengkol sudah busuk.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Sebelum Dimasak

Cita rasa jengkol bisa berkurang karena baunya yang terlalu menyengat. Tenang, ada 8 cara yang diambil dari Fimela.com untuk menghilangka bua jengkol sebelum dimasak.

1/ Merendam Semalaman

Cara pertama menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak dimulai dengan merendam jengkol semalaman. Cara ini bisa digunakan untuk kita yang masih punya waktu banyak sebelum mengolah jengkol. Selama proses perendaman, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Karena direndam untuk menghilangkan bau, bau jengkol masih akan tercium selama proses perendaman. Jadi, siap-siap rutin mengganti air rendaman dan bilas jengkol dengan air bersih saat air mulai keruh dan berbusa.

2/ Merebus Hingga Matang

Selain direndam, jengkol bisa direbus hingga matang. Tak perlu lama merebus jengkolnya, cukup sampai air mendidih saja. Saat sudah direbus, biasanya kulit bagian luarnya sudah terkelupas jadi mudah untuk dibersihkan. Supaya jengkol tambah empuk, kita bisa menggeprek jengkol menggunakan lumpang sebelum dimasak.

3/ Cuci dengan Air Beras

Jika ingin memasak jengkol, sebaiknya air cucian beras jangan dibuang dulu, ya. Air cucian beras dipercaya dapat menghilangkan bau jengkol. Sebelum direndam, sebaiknya jengkol dikupas dulu, lalu rendam selama dua jam sebelum dimasak.

4/ Rebus dengan Kopi

Karena aroma kopi yang kuat, kopi mampu menyerap dan menghilangkan bau memandel dalam kotak makan. Ternyata kemampuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol. Cara menghilangkan bau jengkol dengan kopi bisa dilakukan dengan cara merebus 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 kilogram jengkol.

5/ Rebus dengan Daun Salam dan Kayu Manis

Bumbu dapur di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol. Cukup rebus jengkol dengan beberapa lembar daun salam dan kayu manis, bau jengkol bisa terendam aroma dua bumbu ini. Tiriskan, lalu masak jengkol sesuai selera Anda.

6/ Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sering digunakan untuk membuat telur pindang. Ternyata daun jambu biji juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol. Caranya cukup rebus 1 kilogram jengkol bersama 6 lembar daun jambu biji. Rebus hingga jengkol matang, aromanya yang tak sedap pasti tidak tercium lagi. Selain menghilangkan bau pada jengkol, daun jambu biji juga dipercaya dapat menetralisir rasa pahit pada pare dan daun pepaya.

7/ Rebus dengan Kapur Sirih

Kalau ada kapur sirih di rumah, lebih baik kita manfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol. Caranya dengan merebus jengkol dengan air kapur sirih. Namun, kadang masih ada bubuk kapur yang menempel pada jengkol. Jadi, setelah direbus, segera bilas dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa kapurnya, ya.

8/ Rebus dengan Daun Jeruk

Selain daun salam, daun jeruk juga dipercaya dapat menghilangkan bau jengkol. Berbeda dengan daun salam, saat direbus bersama daun jeruk sebaiknya jengkol sudah dikupas dan dipotong-potong. Kalau sudah dibersihkan dan dipotong, bau jengkol akan lebih cepat hilang.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Meski rasanya nikmat, memakan jengkol punya risiko sendiri, yakni baunya dimulut dan air seni yang susah sekali hilang. Karena inilah, menikmati jengkol jadi tak maksimal. Tenang, mengutip Sayur Box , ada 5 cara menghilangkan jengkol di mulut.

1/ Minum Minuman Bersoda

Sesaat makan jengkol, segera minum minuman bersoda. Minuman berkarbonasi ini ternyata tak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga membantu menghilangkan bau jengkol di mulut. Soda yang memancing sendawa mengeluarkan gas dalam perut yang tercipta karena jengkol yang menyebabkan bau mulut .

2/ Minum Susu

Selain minuman bersoda, minuman lain yang bisa menghilangkan bau jengkol di mulut adalah susu. Susu adalah minuman yang menetralisir zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan allyl sulfida metil dalam susunya dapat membantu menghilangkan bau jengkol usai memakan jengkol.

3/ Mengunyah Beras

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut satu ini merupakan cara yang sering dipraktikan oleh orang tua, yaitu mengunyah beras. Ambil satu sendok makan beras lalu kunyah sampai berasnya halus, lalu buang, jangan ditelan, ya!

4/ Menggunakan Kopi

Kopi tak hanya mampu menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Caranya bisa dengan menyeduh kopi tanpa gula dan langsung meminumnya atau mengunyah bubuk kopi untuk menghilangkan baunya.

5/ Minum Air Putih

Meminum air putih yang banyak ternyata mampu membantu menghilangkan bau jengkol di mulut. Tak hanya di mulut, tetapi juga pada air seni. Air putih dapat mempengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di urin. Semakin banyak air di tubuh, maka semakin menetralisir senyawa jengkol.

Cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak dan di mulut ternyata mudah dilakukan. Dengan begini, kenikmatan menyantap jengkol jadi lebih paripurna, deh. Untuk mengolah jengkol jadi masakan yang menggugah selera tinggal cari resepnya di Endeust. Semua resep jengkolnya terbukti lezat, tidak bau jadi ENDEUSiast bisa menikmati jengkol dengan maksimal. Selamat mencoba di rumah!

Pakai apa rebus jengkol biar tidak bau?

Rendam jengkol Jangan lupa untuk mengganti air rendaman jengkol setiap hari. Selain itu, menurut Leo Gendro chef dari Asosiasi Chef Indonesia (ICA), jengkol bisa direndam dalam cucian air beras selama satu malam agar bau jengkol berkurang.

Gimana cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak?

Selain dengan air es dan air kapur sirih, bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau jengkol adalah daun jeruk purut. Moms cukup mengiris daun jeruk purut dan memasukkannya pada rebusan jengkol. Irisan daun tadi akan membantu menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak.

Berapa lama merendam jengkol sebelum dimasak?

Cuci bersih jengkol bisa dengan cara merendamnya di air cucian beras selama satu malam sebelum dimasak.

Apakah garam bisa menghilangkan bau jengkol?

7. Menggunakan Garam Ini dimaksudkan karena garam memiliki rasa asin dan mungkin agak sedikit kurang enak jika kamu mengunyahnya. Akan tetapi, cara ini dapat membantu kurangi aroma jengkol di mulut. Garam dapat memproduksi air liur di mulut sehingga lebih mudah hilangkan bau jengkol.