Apakah kartu atm mandiri bisa untuk bayar tol

Ragam e-toll (Foto: Tagar/Fastpay.co.id)

Jakarta - Sekarang ini ketika kamu ingin bepergian dengan melewati tol, pastinya harus membayarnya dengan e-money. Pembayaran elektronik ini nyatanya sudah menjadi hal umum karena sering ditemui sehari-hari.

Bahkan hampir semua tol di Indonesia sudah menggunakan layanan ini. Terlebih di kota-kota besar yang notabenenya wajib dalam menggunakan e-money. Namun nyatanya, tidak semua uang elektronik dapat digunakan dalam pembayaran tol. Berikut adalah 8 jenis e-money untuk pembayaran tol.

1. e-Toll Card

e-money keluaran Jasa Marga dan bekerja sama dengan Bank Mandiri ini menjadi kartu untuk pembayaran e-toll. Kartu uang elektronik ini bisa digunakan untuk pembayaran tol dengan cara tap kartu e-Toll Card ke mesin reader gerbang tol. Kamu juga bisa menggunakannya untuk berbelanja di tempat-tempat yang tekoneksi Mandiri e-Money.

2. BCA Flazz

Tidak ingin kalah dengan Mandiri, BCA juga mengeluarkan produk e-moneynya yang bernama BCA Flazz. Jangkauan kartu inipun cenderung lebih luas, seperti pembayaran tol, transportasi, belanja di gerai ritel, makan di restoran tertentu, dan lain sebagainya.

3. BRI BRIZZI

Uang elektronik yang dikeluarkan BRI ini merupakan e-money dengan bentuk kartu yang berdasarkan dengan teknologi chip. Perlu diketahui juga, BRI BRIZZI punya batasan maksimal saldo satu juta rupiah saja.

4. BNI TapCash

Bagi pengguna BNI tidak perlu bersedih hati, pasalnya BNI juga mengeluarkan e-money bernama BNI TapCash untuk keperluan bayar tol. Selain pembayaran tol, kartu ini juga bisa digunakan untuk belanja di Indomaret, Alfamart, dan gerai ritel lainnya.

5. Indomaret Card

Selain bekerja sama dengan Jasa Marga, Bank Mandiri juga bekerja sama dengan Indomaret. Selain untuk keperluan pembayaran tol, kamu juga bisa menggunakan e-monet ini untuk berbelanja di Indomaret.

6. GazCard

Bank Mandiri terus melebarkan sayapnya melalui kerja sama dengan Pertamina. Memang GazCard lebih dikhususkan untuk pembayaran bahan bakar kendaraan. Tapi, kamu juga bisa membayar tol dengan GazCard ini

7. BTN Blink

BTN Blink juga salah satu e-money hasil kerja sama antara bank BTN dengan bank Mandiri. Kartu ini tidak jauh beda fungsinya dengan e-money lain. Dapat digunakan untuk pembayaran tol dan pembalanjaan barang di tempat-tempat yang mendukung fasilitas Mandiri e-money.

8. JakCard

Meskipun untuk pembayaran tol, namun kartu ini hanya bisa digunakan pada Tol Dalam Kota tertentu. Seperti mulai Agustus 2020, kartu ini sudah bisa diakses untuk pembayaran Tol Dalam Kota Jakarta (Cawang-Tomang-Pluit) dan Tol Jagorawi.

Itulah tadi 8 jenis kartu e-money yang dapat kamu gunakan untuk pembayaran tol. Meskipun sangat beragam, kamu dapat memilih salah satu dari kartu tersebut sesuai kenyamanan kamu dalam menggunakannya.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

  • Masih Sering Stres Karena Uang? Kenali Dahulu Level Keuanganmu!
  • Pintar Mengelola Uang dengan 5 Cara perencanaan Keuangan
  • Simak Nih, 7 Tips Cara Mengelola Keuangan Biar Gak Jebol
  • 6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik

Apa itu e-money Mandiri? apa perbedaan e-money dengan e-toll serta Indomaret Card? Untuk mengetahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan pada artikel ini.

Pengertian e-money Mandiri adalah kartu uang elektronik dari Bank Mandiri. Manfaat kartu ini sama seperti kartu e-money dari bank lain yaitu bisa untuk menggantikan uang tunai. Misalnya untuk bayar belanja di Indomaret, Alfamart dan lainnya.

Bisa juga untuk pembayaran tol maupun transportasi umum seperti MRT, Transjakarta, Transjogja, serta BatikSolo Trans. Jadi jika kamu bertanya e-money Mandiri bisa bayar apa saja? maka jawabannya untuk membayar tol, transportasi, parkir, dan belanja di merchant.

Kartu e-money Mandiri bisa kita beli di Indomaret, Alfamart, kantor cabang Mandiri atau beli secara online di Mandiri E-Store Official Shop maupun toko lainnya.

Harganya mulai dari 25.000 sampai 50.000 tergantung desainnya. Untuk yang desain biasa harganya lebih murah tetapi untuk desain dengan tema khusus biasanya lebih mahal.

E-Money Mandiri Bisa Untuk
Bayar Apa Saja?

  1. Membayar di gerbang tol seperti di ruas tol Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Surabaya, Bali, dan Makassar
  2. Pembayaran Parkir yang berlogo e-money.
  3. Transportasi umum seperti kereta (MRT, Commuterline, Railink Kualanamu), Transjakarta, Transjogja, dan Batik Solo Trans.
  4. Pembayan belanja di Indomaret, Alfamart, tempat wisata dan lainnya.
  5. Pembayaran di SPBU. Untuk daftar lengkap SPBU yang bisa bayar pakai kartu e-toll atau e-Money Mandiri bisa cek di halaman resmi Bank Mandiri ini.

Lalu apa bedanya dengan e-toll dan e-Money Indomaret Card?

Sebetulnya dari segi fungsi atau manfaat tidak ada perbedaan, namun beda antara e-money, e-toll dan Indomaret Card adalah sebagai berikut.

  • E-Toll adalah kartu uang elektronik hasil kerja sama antara Bank Mandiri dengan pengelola jalan tol yaitu PT Jasa Marga Tbk, PT Marga Mandala Sakti, dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.
  • E-money Mandiri Indomaret Card adalah kartu uang elektronik hasil kerja sama antara pihak Bank Mandiri dengan Indomaret. Sehingga pada kartu tersebut terdapat juga logo Indomaret.

Indomaret Card

Jadi untuk fungsinya sama saja, yang membedakan hanya pada pihak penerbit. Jika e-money hanya Bank Mandiri, sedangkan e-toll dan Indomaret Card hasil co branding atau kerja sama dengan pihak lain.

Tidak hanya fungsi, cara menggunakan, cara cek saldo, top up atau isi ulang semua sama saja. Yaitu bisa dari HP dengan NFC, ATM Mandiri maupun EDC.

Untuk cek saldo, top up maupun update saldo di HP Android bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti LinkAja, Tokopedia, Mandiri Online, iSaku Indomaret, Shopee, Bukalapak, serta BliBli.

Kelebihan E-Money Mandiri, E-Toll & Indomaret Card

Untuk fungsi atau manfaat tidak ada perbedaan mencolok antara kartu e-money Mandiri dengan kartu e-toll dari bank lain, seperti Flazz, BRIZZI maupun Tapcash BNI.

Namun ada beberapa kelebihan dari kartu uang elektronik atau kartu prabayar dari Bank Mandiri, jika kita bandingkan dengan produk sejenis yaitu:

1 – Mudah Cek Saldo.

Bisa dari ATM, EDC dan HP. Untuk pengecekan via HP bisa pakai Mandiri Online. Namun untuk non nasabah bank Mandiri bisa pakai aplikasi LinkAja, BliBli, Tokopedia, Shopee, iSaku serta Bukalapak.

Berbeda dengan Flazz BCA yang hanya bsia cek mellaui aplikasi BCA Mobile.

2 – Bisa Cek Mutasi Transaksi.

Kita bisa cek daftar history transaksi e-money di ATM dan Mandiri Online. Tapcash BNI tidak bisa dan Flazz hanya bisa via aplikasi m BCA tidak bisa via ATM.

Begitu juga untuk Brizzi BRI hanya bisa via aplikasi Brimo dan BRI Mobile.

3 – Mudah Update Saldo.

Setelah top up e-toll Mandiri, Indomaret Card dari HP tanpa NFC kita bisa dengan mudah update saldo melalui ATM. Tidak perlu menggunakan kartu ATM Mandiri tetapi cukup tekan tombol Accept lalu pilih Mandiri E-Money – Update Saldo.

Sedangkan untuk kartu e-toll Brizzi tidak demikian, karena tidak bisa update saldo di ATM jika kita isi ulang bukan langsung di mesin ATM.

Yang paling menarik adalah kelebihan nomor 3. Karena dengan kemudahan update saldo di ATM tanpa harus pakai kartu ATM Bank Mandiri. Bisa sangat membantu pengguna kartu e-toll Mandiri yang bukan nasabah Bank Mandiri.

Misalnya kita isi ulang e-money di Tokopedia dari HP tanpa NFC atau dari laptop. Maka setelah transaksi berhasil tinggal pergi ke ATM Mandiri terdekat untuk update saldo.

Berbeda dengan Brizzi, jika kita isi saldo online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Maka tidak ada menu untuk update saldo di ATM.

Baca : 7 Cara Cek Saldo E Toll Di HP Dengan NFC dan ATM.

E-money Mandiri VS Flazz BCA Bagus Mana?

Untuk fungsi keduanya sama saja. Namun untuk menilai bagus mana antara kartu e-toll Mandiri dengan e-toll BCA. Tentuk kembali lagi kepada kemudahan penggunaan dan isi saldo.

Flazz BCA gen 2 hanya bsa isi saldo melalui ATM, Mobile Banking BCA, EDC dan mesin isi ulang Flazz atau vending machine.

Tidak bisa (atau setidaknya saat ini) cek saldo, top up, maupun update saldo melalui aplikasi lain maupun marketplace.

Artinya jika kamu bukan nasabah Bank BCA, maka akan sulit untuk isi ulang selain di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Karena jika ingin isi saldo lewat HP harus menggunakan aplikasi BCA Mobile yang tentu saja hanya bisa jika sudah menjadi nasabah Bank BCA.

Jadi jika kita lihat dari sisi kemudahan menggunakan, tentu jawabannya e-money Mandiri lebih baik. Karena bisa cek saldo, isi ulang maupun update saldo pakai aplikasi lain selain Mandiri Online.

E-Money Mandiri lebih mudah penggunaannya, terutama untuk non nasabah Bank Mandiri. Bisa cek saldo, isi ulang dan update saldo menggunakan aplikasi marketplace. Sedangkan Flazz BCA tidak bisa.

Apakah e-Money Mandiri, Indomaret Card kartu e-toll terbaik? tentu jika kita lihat dari kemudahan penggunaan maka jawabannya adalah Ya.

Karena seperti terlihat pada penjelasan di atas. Kartu E-Money Mandiri ini adalah salah satu yang paling mudah untuk kita gunakan sehari-hari. Terutama untuk masalah top up serta update saldo.

Dimana Tempat Membeli Kartu E-Money Mandiri?

E-Money Mandiri bisa kita dapatkan di beberapa tempat seperti:

  1. Kantor Cabang Bank Mandiri.
  2. Minimaket seperti Indomaret, Lawson, Alfamidi dan Alfamart.
  3. Toko Gramedia.
  4. Marketplce Tokopedia, Shopee, Bukalapak maupun BliBli.
  5. Halte TransJakarta.

Dimana Tempat Membeli Kartu E-Money Mandiri?

Jika ingin membeli kartu e-toll Mandiri edisi Garena Free Fire Kelly secara online bisa cek di Mandiri E-Store Official Shop Shopee.

Artikel Tentang Mandiri e-Money

Tanya Jawab

Apakah Indomaret card bisa untuk bayar tol?

Bisa, karena sebetulanya ini adalah salah satu produk kartu uang elektronik dari Bank Mandiri juga jadi bisa untuk pembayaran tol, parkir, kereta, commuterline, TransJakarta dan lainnya.

Apakah E-Money Mandiri bisa bayar belanja di Indomaret?

Bisa, cara menggunakannya cukup beritahu kasir akan membayar pakai kartu e-money / e-toll Mandiri kemudian nanti kasir akan menempelkan kartu ke mesin EDC.

Saldo akan berkurang sesuai dengan jumlah belanja. Namun untuk lebih pastinya sebaiknya tanyakan dulu berapa batas minimal belanja di Indomaret pakai e-toll?

Karena jika cek di halaman resmi Indomaret Card batas minimal pembayaran adalah 10.000 dan maksimal 1.000.000. Namun pada prakteknya kasir biasanya memberitahu minimal belanja 100.000 baru bisa bayar pakai e-toll termasuk Flazz, dan Brizzi.

Apakah saldo e-money bisa ditransfer?

Semua jenis kartu uang elektronik termasuk e-money Mandiri tidak menyediakan fitur untuk transfer saldo. Jadi jawabannya tidak bisa.

E-money Mandiri untuk apa saja?

Seperti sudah kami jelaskan di atas. Kartu e-money Mandiri bisa untuk membayar tol, parkir, belanja di merchant, transportasi umum seperti commuterline, TransJakarta.

Apakah e-money Mandiri bisa tarik tunai?

Sama seperti kartu uang elektronik lainnya. Kartu e-toll Mandiri, e-Money Indomaret tidak bisa tarik tunai. Karena uang yang tersimpan bukan tabungan.

Tapi jika ingin mengambil uang atau sisa saldo pada kartu e-Money maka kamu bisa lakukan penutupan kartu. Caranya datang ke bank Mandiri terdekat dan mengajukan penutupan kartu tersebut.

Jika masih ada saldo tersisa maka bisa ditrasfer ke rekening bank, namun untuk lebih jelasnya sebaiknya langsung tanyakan ke pihak Bank Mandiri.

Kesimpulan

E-Money Mandiri adalah kartu uang elektronik dari Bank Mandiri. Fungsinya untuk pembayaran di gerbang tol, transportasi umum, membayar di SPBU, merhant offline, maupun parkir.

Praktis untuk menggantikan uang tunai saat belanja offline karena tidak perlu pusing dengan kembalian uang receh, atau harus menyiapkan uang pas.

Kartu e-Money Mandiri pada dasarnya sama saja fungsinya dengan E-Toll maupun Indomaret Card. Yang membedakan hanya pada pihak penerbit. Untuk E-Toll dan Indomaret Card adalah hasil kerja sama Bank Mandiri dengan pihak lain.

Apakah kartu ATM Mandiri bisa digunakan untuk e

Dikutip dari laman resmi www.bankmandiri.co.id, isi ulang e-toll Mandiri di ATM bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan kartu debit Mandiri dan menggunakan kartu debit berlogo ATM Bersama.

Kartu apa saja yang bisa untuk bayar tol?

"Untuk kartu tol yang dapat digunakan seperti dari Bank Mandiri (e-Money), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz)," ucap Tody dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Apakah kartu debit bisa untuk Etoll?

Kartu debit dan kartu kredit tidak bisa untuk bayar tol Meski lebih aman, tapi kartu debit tidak bisa untuk bayar tol dan pembayaran lainnya, seperti membayar tiket KRL dan busway. Pembayaran tol hanya bisa melalui e-Money, seperti BRIZZI, BCA Flazz, e-Toll, dan lainnya.

Apakah bisa bayar tol pakai uang tunai?

Kartu tol sendiri resmi digunakan serempak di seluruh gerbang tol Indonesia pada bulan Oktober 2017. Gerbang tol tidak lagi menerima pembayaran secara tunai atau cash. Dipilihnya uang elektronik sebagai alat transaksi adalah karena alasan efisiensi.