Apakah gitar termasuk alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis?

Setiap senar di sebuah alat musik gitar memiliki nada-nada yang berbeda. Dari mulai senar 6, senar 5, senar 4, senar 3, senar 2 dan juga senar 1. Dari kesemua senar yang ada di gitar terdiri atas tangga nada yang tersusun secara rapi. Tangga nada di senar gitar berada di bagian fred gitar. Dan tangga nada tersebut memiliki berbagai macam jenis dan tekniknya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail mengenai tangga nada dari gitar. Mulai dari jenis dan teknik serta cara memainkan dan menggunakan tangga nada tersebut agar menghasilkan melodi lagu yang indah dan enak di dengar. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Sekilas tentang tangga nada

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tangga nada pada alat musik gitar, terlebih dahulu akan kami berikan penjelasan mengenai tangga nada secara umum. Tangga nada bisa diartikan sebagai susunan sebuah nada yang di bentuk dengan menggunakan rumus interval. Pasti kamu akan bingung lagi dengan istilah interval.

Tenang. Kami akan jelaskan secara pelan-pelan. Interval dapat diartikan sebagai suatu jarak antara satu nada ke nada yang lain. Jadi, sebuah tangga nada dapat terbentuk dari susunan nada ke nada yang lain dengan jarak yang telah di tentukan. Jarak tersebut yang paling umum terdiri atas 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Yang di maksud jarak nada tersebut ketika kita letakan pada konteks gitar adalah tentang perpindahan dari satu fred ke fred lain.

pexels.com

Dengan adanya rumus interval tersebut, maka akan memicu variasi-variasi nada yang bisa selaras dan harmoni ketika dimainkan. Karena, ketika kamu memainkan sebuah nada dengan tidak menggunakan rumus interval maka yang di hasilkan akan menimbulkan kesan monoton dan kaku. Ada beberapa tangga nada yang bisa di terapkan pada semua alat instrumen musik. Tangga nada ini bersifat umum dan universal.

Pertama adalah tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis mempunyai 7 macam nada dan 2 rumus interval sebagai variasinya. 7 macam nada tersebut antara lain adalah Do, Re, Mi, Fa, So, La, Si, balik lagi ke nada Do. Sedangkan rumus interval dari tangga nada diatonis ini antara lain adalah 1 dan 1/2.

Tangga nada diatonis terbagi lagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah tangga nada diatonis mayor dan yang lain adalah tangga nada diatonis minor. Mayor ini memiliki nuansa yang lebih ceria, fun dan bahagia. Sedangkan minor lebih cenderung ke nada-nada yang sedih dan melankolis. Kita akan membedah satu persatu tangga nada diatonis mayor dan diatonis minor tersebut.

Tangga nada diatonis mayor seperti yang sudah di singgung di awal memiliki harmoni nada yang ceria, semangat dan bahagia. Susunan dari tangga nada diatonis mayor ini menggunakan rumus interval 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2. Jika dibaca dengan menggunakan kunci, maka tangga nada diatonis mayor ini adalah C-D-E-F-G-A-B- C (lebih tinggi).

Sementara itu, tangga nada diatonis minor adalah kebalikan dari mayor. Nada-nada yang di hasilkan dari tangga nada dianotis minor ini lebih cenderung ke arah yang sedih, melankolis dan menyayat perasaan. Jarak interval dari tangga nada diatonis minor ini adalah 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1. Atau kalau dibaca dengan kord maka jadinya adalah A-B-C-D-E-F-G.

Nah, dari tangga nada dasar yang paling universal tersebut nantinya akan di kembangkan dengan variasi-variasi lain. Dan kita akan bedah variasi tangga nada tersebut dalam konteks alat instrumen gitar.

pexels.com

Tangga Nada Dalam Gitar

Ada beberapa macam tangga nada Kunci gitar yang bisa kamu mainkan dari sebuah alat musik gitar. Berikut ini adalah beberapa tangga nada yang terdapat di dalam sebuah gitar.

1. Mayor scale

Tangga nada pertama dari gitar adalah mayor scale. Mayor scale bisa dibilang sama seperti yang di jelaskan diatas. Adapun untuk rumus interval dari nada mayor scale ini adalah 1-1-1/2-1-1-1.

2. Pentatonic Major Scale

Tangga nada berikutnya dari sebuah gitar adalah Pentatonic Major Scale. Seperti namanya, tangga nada Pentatonic Major Scale ini terdiri atas lima nada dasar. Adapun untuk rumus interval dari tangga nada Pentatonic Major Scale adalah 1-1 1/2-1-1. Sebagai contoh adalah tangga nada Pentatonic Major Scale C yaitu : C, D, E, G, A.

pexels.com

3. Blues Major Scale

Tangga nada berikutnya dari gitar adalah Blues Major Scale. Bisa di bilang tangga nada Blues Major Scale ini merupakan scale dasar untuk bermain musik genre blues. Jarak interval dari tangga nada Blues Major Scale adalah 1 1/2-1-1/2-1/2-1. Sebagai contoh adalah tangga nada Blues Major Scale C yaitu C-D#-F-F#-G-A.

4. Blues Minor Scale

Tangga nada berikutnya dari gitar adalah Blues Minor Scale. Sama seperti yang sebelumnya, tangga nada ini adalah nada dasar untuk permainan musik blues yang bermuara di scale minor. Adapun untuk jarak interval dari tangga nada Blues Minor Scale adalah 1 1/2-1-1/2-1/2-1 1/2. Contoh dari tangga nada Blues Minor Scale adalah dari scale C minor yaitu : C-D#-F-F#-G-A#.

Nah itulah ulasan lengkap tentang tangga nada dari gitar. Sekian dan terima kasih.

Alat gitar musik biasanya menggunakan tangga nada …?

  1. slendro
  2. pelog
  3. diatonis
  4. pentatonis
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. pentatonis

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, alat gitar musik biasanya menggunakan tangga nada … pentatonis.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Alat yang biasa digunakan untuk memahat kayu adalah? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Alat Musik Diatonis – Jika membahas mengenai alat musik memang tidak akan ada bosannya. Selain menambah wawasan, mempelajari alat musik juga menyenangkan. Seperti jika kita mengulik bersama mengenai alat musik diatonis yang tidak banyak diketahui orang ini.

Lantas bagaimana sih alat musik diatonis itu? Dan alat musik apa saja yang tergolong ke dalam alat musik diatonis? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya sampai tuntas ya.

Pengertian Alat Musik Diatonis

Alat Musik Diatonis
@www.pixabay.com

Alat musik diatonis sendiri merupakan alat musik yang menggunakan komponen nada skala diatonik dalam nada-nada yang dihasilkannya. Skala diatonis merupakan tangga nada yang berjarak dua tangga nada.

Pada sistem tangga nada diatonis, satu rangkaian nada memiliki tujuh nada pokok, kemudian nada ke-8 adalah bentuk pengulangan nada pertama. Contoh tangga nada diatonis adalah do-re-mi-fa-sol-la-si.

Untuk alat musik diatonis mayor, biasanya dimulai dengan not pertama (do) dan juga berakhir pada not (do) yang memiliki tinggi satu oktaf di atas Do yang pertama. Biasanya tangga nada ini ditunjukkan pada not-not putih pada alat musik sejenis piano, keyboard, dan lain sejenisnya.

Alat Musik Gambang Kromong

Alat musik diatonis cukup beragam, mulai dari dimainkan dengan cara ditekan maupun dengan cara ditiup. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh alat musik diatonis yang meliputi alat musik keyboard, piano, klarinet, harmonika, pianika, gitar, dan biola.

Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya mengenai ke-7 contoh alat musik diatonis adalah sebagai berikut:

No Alat Musik Diatonis
1 Alat Musik Piano
2 Alat Musik Keyboard
3 Alat Musik Klarinet
4 Alat Musik Harmonika
5 Alat Musik Pianika
6 Alat Musik Gitar
7 Alat Musik Biola

1. Alat Musik Piano

Tangga Nada pada Piano
@kunoblog.com

Alat musik Piano juga merupakan alat musik diatonis. Dengan kata lain, nada-nada pada piano tersusun rapi secara berurutan yang terdapat pada tuts putih dan tuts hitam.

Pada tuts putih piano terdapat tangga nada C mayor, yakni C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si dengan jarak satu interval pada tiap nadanya, kecuali untuk E-F dan B-C yang memiliki interval semitone (setengah tone).

Sementara itu untuk tuts hitam dari alat musik Piano merupakan nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih.

Cara menurunkan atau menaikkan nada dilakukan dengan menambahkan tanda kress dan mol pada piano. Untuk mengetahui susunan nada pada piano dapat diamati pada gambar yang telah termuat di atas.

2. Alat Musik Keyboard

Kunci Dasar Keyboard
@s1.bukalapak.com

Alat musik diatonis yang selanjutnya adalah keyboard. Alat musik jenis ini sebenarnya mirip dengan piano, baik dari segi bentuk maupun dari segi tangga nada yang dimiliki setiap tutsnya.

Pada tuts putih keyboard juga sama dengan tuts Piano, yakni tangga nada mayor yang meliputi C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si. Dan untuk tuts hitam dari alat musik Keyboard merupakan nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih.

3. Alat Musik Klarinet

Contoh Teknik Penjarian Klarinet
@repository.upi.edu

Alat musik Klarinet juga tergolong ke dalam alat musik diatonis. Hal ini ditunjukkan dengan teknik permainan musik Klarinet dengan cara menggelincirkan satu nada ke nada lain yang berjarak jauh secara berjenjang baik jenjang diatonik maupun jenjang kromatik.

Untuk menghasilkan nada-nada dasar pada musik Klarinet tentunya membutuhkan keahlian dan pemahaman tentang teknik penjarian. Dalam permainan klarinet, jari harus menutupi lubang-lubang yang terdapat pada klarinet.

Dan setiap posisi jari mempunyai peranan penting dalam terlaksananya permainan dengan baik dan benar, sehingga dapat menghasilkan nada yang sesuai.

Alat Musik Gambus

Tangga Nada Harmonika
@harmonicaindonesia.wordpress.com

Harmonika juga tergolong ke dalam alat musik diatonik. Pada dasarnya alat musik harmonika diatonik terdiri dari 10 lubang dengan 3 bagian nada (low, middle, high) not dengan catatan bahwa low adalah nada bass, middle adalah nada normal, dan high adalah nada tinggi.

Harmonika diatonik memiliki kunci C yang dimulai dari ke-4, yakni kunci yang berbeda-beda dan bervariasi letaknya. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai tangga nada pada harmonika dapat diamati pada diagram harmonika (tab not) di atas.

5. Alat Musik Pianika

Tangga Nada pada Pianika
@www.id.wikipedia.org

Alat musik Pianika merupakan alat musik tiup kecil sejenis harmonika yang dilengkapi bilah-bilah keyboard yang luasnya kurang lebih tiga oktaf.

Sama seperti piano, alat musik pianika juga termasuk ke dalam alat musik diatonis. Dengan kata lain, Pianika memiliki tingkatan nada dengan jarak 2 tangga nada.

Alat musik pianika memiliki tangga nada mayor yang meliputi C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si yang ditunjukkan pada tuts putih. Serta tuts hitam dari Pianika merupakan nada kromatik atau nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih Pianika.

6. Alat Musik Gitar

Tangga Nada pada Gitar
@www.guratgarut.com

Alat musik Gitar juga merupakan alat musik diatonis. Meskipun begitu, pada dasarnya alat musik Gitar memiliki tangga nada yang sangat bervariasi, mulai dari tangga nada dasar, standar, sampai nada-nada yang tergolong rumit, bahkan terdapat pula tangga nada yang sulit dipahami.

Tangga nada dasar pada gitar cukup beragam dan biasa dikembangkan menjadi nada-nada variasi lainnya oleh para pemusik maupun profesional. Adapun tangga nada Gitar yang termasuk tangga nada diatonis meliputi tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga nada mayor atau major scale pada gitar merupakan tangga nada yang menggunakan interval 1-1-1/2-1-1-1. Misalnya adalah tangga nada C mayor, C-D-E-F-G-A-B. Sementara tangga nada minor atau minor scale pada gitar menggunakan interval 1-1/2-1-1-1/2-1, untuk contohnya tangga nada C minor C-D-D#-F-G-A-A#.

Alat Musik Tradisional

7. Alat Musik Biola

Posisi Jari pada Fret Biola
@www.id.wikipedia.org

Alat musik Biola juga dapat dikatakan sebagai alat musik diatonis. Tangga nada pada alat musik Biola menggunakan interval 1-1-1/2-1-1-1, sehingga pada tangga nada C mayor meliputi C-D-E-F-G-A-B. Untuk lebih mengetahui dalam menentukan jarak nada ini dapat dilakukan dengan menggunakan piano atau keyboard.

Untuk mendapatkan nada dasar Biola, dapat dimainkan dengan cara memperhatikan teknik dan posisi jari pada fret biola. Untuk mengetahui penjelasannya dapat diamati pada gambar di atas.

Penutup Alat Musik Diatonis

Demikian penjelasan mengenai alat musik diatonis lengkap dengan beberapa contoh beserta tangga nadanya. Semoga dengan menyimak pembahasan kesenian musik ini mampu menambah wawasan kita dan membantu serta mempermudah dalam permainan kesenian musik.

Alat Musik Diatonis
sumber referensi:

@https://harmonicaindonesia.wordpress.com/tehnik-dasar-harmonika/@https://id.wikipedia.org/wiki/[email protected]://guratgarut.com/tangga-nada-gitar/#[email protected]://www.posbaru.com/perbedaan-tangga-nada-diatonis-dan-pentatonis/

@https://kunoblog.com/nada-pada-piano-atau-keyboard/