Apa yang dimaksud dengan autoimun

Sebenarnya apa penyebab autoimun? Mungkin Anda pernah mendengar beberapa jenis penyakit autoimun seperti psoriasis, rematik dan lainnya. Akan tetapi, mungkin banyak dari Anda yang belum memahami apa itu autoimun dan apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. 

Autoimun adalah penyakit yang terjadi karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena sistem imun salah menilai sel sehat sebagai zat asing sehingga memproduksi antibodi yang akan merusaknya. 

Penyebab Autoimun

Lalu apa yang menyebabkan autoimun itu? Hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti apa yang sebenarnya menyebabkan autoimun dapat terjadi. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang bisa mengalami penyakit autoimun. Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun. 

  1. Genetika

Faktor penyebab autoimun yang pertama yaitu karena faktor genetik. Oleh karena itu, apabila dalam keluarga Anda memiliki riwayat autoimun, maka Anda akan berisiko mengalami juga. Akan tetapi,  hal ini tidak membuat Anda 100% akan mengalami hal yang sama. Namun, semakin dekat hubungan darah maka risiko juga akan meningkat.  

  1. Infeksi

Infeksi merupakan faktor penyebab meningkatnya risiko penyakit autoimun yang selanjutnya. Apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka Anda akan rentan terhadap infeksi bakteri maupun virus. Tidak hanya itu, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah juga akan kesulitan untuk membedakan infeksi ataukah bukan. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh bisa saja menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. 

  1. Pola Hidup

Tahukah Anda, 70% kasus penyakit autoimun karena disebabkan oleh pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat. Beberapa pola hidup yang tidak sehat yaitu, seperti mengonsumsi alkohol dan diet yang salah. 

Baca juga:Kenali Gejala Autoimun Dan Cara Mencegahnya

Beragam Penyakit Autoimun

Setelah mengetahui apa saja penyebab autoimun, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis dari penyakit autoimun tersebut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis penyakit autoimun yang perlu Anda ketahui.

  1. Psoriasis

Jenis penyakit autoimun yang pertama yaitu psoriasis. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit rambut baru yang sangatlah cepat sehingga terjadi penumpukan pada permukaan kulit. Para penderita penyakit ini akan muncul gejala berupa, kulit kemerahan, kulit tebal, dan bercak-bercak putih. 

  1. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang disebabkan oleh antibodi yang menempel pada jaringan di seluruh tubuh. Beberapa jaringan yang terkena lupus yaitu sel darah,  paru-paru, ginjal, kulit, saraf dan sendi. Penderita lupus akan mengalami gejala berupa, demam, rambut rontok, kelelahan, berat badan turun, lemah, bengkak pada sendi, sensitif terhadap cahaya matahari, sakit kepala hingga kejang. 

  1. Rematik

Rematik adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi. Kondisi ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang menempel pada lapisan sendi. Hal ini menyebabkan sel imun menyerang sendi sehingga menyebabkan peradangan, nyeri dan pembengkakan. Oleh karena itu, penderita rematik biasanya akan merasakan gejala berupa kaku, bengkak, sendi sakit dan kaku. 

  1. Vaskulitis

Vaskulitis adalah perubahan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan aliran darah terganggu sehingga menimbulkan gangguan pada beberapa organ tubuh lain. Penderita penyakit ini biasanya  akan merasakan gejala berupa kelelahan, demam, mati rasa, pembengkakan, dan ruam pada kulit. 

  1. Diabetes Mellitus Tipe 1

Penyakit autoimun yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu diabetes melitus tipe 1. Penyakit yang satu ini terjadi karena antibodi menyerang serta menghancurkan sel penghasil insulin. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan insulin sehingga kadar di dalam darah akan menjadi tinggi. Apabila gula darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada saraf, ginjal dan penglihatan. 

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab autoimun dan jenis penyakit autoimun. Hingga saat ini penyakit autoimun tidak dapat disembuhkan. Namun Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah kambuhnya penyakit seperti menjaga pola hidup sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim Aido berikan, semoga bermanfaat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca Juga: Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Penyakit autoimun itu apa saja?

Beragam Jenis Penyakit Autoimun.
Rheumatoid Arthritis (RA) Termasuk dalam jenis penyakit autoimun sistemik, rheumatoid arthritis menyerang seluruh persendian di tubuh terutama sendi di tangan. ... .
Lupus. ... .
Diabetes Tipe 1. ... .
Multiple Sclerosis (MS) ... .
Radang Usus. ... .
Psoriasis atau Psoriatic Arthritis. ... .
Penyakit Addison. ... .
Penyakit Graves..

Apakah penyakit autoimun itu berbahaya?

Penyakit autoimun yang menyerang organ tubuh tertentu bisa saja menimbulkan kerusakan organ bila tidak ditangani dengan benar. Sebagai contoh, diabetes tipe 1 dapat berujung pada gagal ginjal.