Apa penyebab rendang menjadi tahan lama?

Resep rendang daging sapi menjadi salah satu resep masakan Indonesia yang digemari banyak orang, terlebih saat Idul Adha tiba. Saat hari besar umat Muslim untuk berkurban ini, Anda seringkali mendapatkan kiriman daging sapi dan memutuskan membuat rendang daging sapi dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi, bagaimana caranya ya agar rendang daging sapi yang jumlahnya banyak tersebut bisa tahan lama saat disimpan? Caranya mudah saja, kok.

Bila Anda belum memahaminya, simak dulu saja tips seputar cara menyimpan rendang berikut ini.

Gunakan Santan yang Berkualitas

Saat Memasak Santan yang berkualitas akan mempengaruhi proses penyimpanan rendang, karena santan yang tidak menggunakan bahan pengawet akan membuat aroma rendang daging sapi jadi lebih gurih. Aroma dari santan alami yang berkualitas akan bertahan dalam waktu yang lama walaupun rendang disimpan di freezer.

Masak Rendang Hingga Benar-Benar Kering

Memasak rendang hingga benar-benar kering menjadi salah satu cara ampuh untuk menyimpan rendang dalam waktu yang lama. Santan yang dimasak dalam waktu lama jadi tidak tengik dan akan berubah menjadi minyak yang membuat rendang Anda jadi makin sedap.

Simpan dalam Kemasan Kecil

Menyimpan rendang dalam kemasan kecil, misalnya plastik pembungkus makanan atau wadah penyimpanan berbentuk kecil akan membuat rendang tetap segar dan tahan lama. Anda jadi tak perlu mengeluarkan seluruh rendang yang akan Anda hangatkan, cukup keluarkan porsi kecil sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka porsi rendang yang tidak dikeluarkan dari lemari pendingin akan jadi awet dan tak mudah basi.

Simpan dalam Wadah Tertutup

Bila Anda memutuskan untuk segera mengonsumsi rendang sampai habis dalam beberapa hari ke depan, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin (bukan freezer) pada wadah yang tertutup rapat. Wadah yang tertutup rapat akan membuat aroma rendang tetap khas dan tidak bercampur dengan aroma makanan lain di dalam kulkas.

Jadi, rendang tentu menjadi pilihan hidangan yang awet dan tahan lama bila disimpan dengan cara yang benar. Segera pelajari resep rendang daging sapi agar Anda bisa segera membuatnya sendiri di rumah.

Berita Terkait

Etika Komunikasi Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024 Era Digital

Konser Indonesia Menjadi Satu Bakal di Gelar di 20 Kota di IndonesiaLMKN Berhasil Kumpulkan Hampir Rp 25 Milyar Royalty Hak Cipta dan Hak Terkait Pada Semester 2 Tahun 2022

INDUSTRY.co.id - Tidak hanya opor ayam dan semur daging, rendang juga menjadi primadona untuk disantap saat Lebaran. Hidangan khas Minang ini paling populer sebagai jamuan ketika keluarga dan kerabat datang bersilaturahmi ke rumah. 

Nah, agar rendang masih terasa nikmat dan lezat cara menyimpannya pun juga harus tepat supaya, tidak cepat basi dan tahan lama hingga beberapa hari ke depan. 

Berikut tips cara menyimpan rendang yang tepat agar awet dari akun YouTube Amira Syahna. Seperti apa tipsnya? Mari disimak ulasannya, yuk!

1. Menyimpan di wadah dengan suhu ruangan

Menurut Amira Syahna, harus menyimpan rendnag di dalam suhu ruang. Namun dengan catatan hanya bisa bertahan tiga sampai empat hari saja. Namun, juga ada yang bisa bertahan dan nikmat sampai seminggu jika dimasak hingga benar-benar kering.

2. Gunakan wadah tertutup rapat jika disimpan di dalam kulkas

Pastikan menyimpan di dalam wadah yang rapat di dalam kulkas bukan di freezer. "Karena untuk menghindari percampuran aroma dari rendang ke makanan lain, maupun makanan lain ke rendang. Sehingga aroma mampu terjaga," kata Syahna.

3. Pilihlah rendang kering untuk dikonsumsi lebih lama

Rendang itu ada dua macam cara memasaknya, ada yang kering dan ada yang basah. Namun umumnya rendang kering lebih awet dan tahan lama dibandingkan dari rendang basah. Tapi, itu semua sesuai selera masing-masing.

4. Simpan di freezer

Selain menyimpan di kulkas, freezer juga menjadi alternatif cara menyimpan rendang agar tahan lebih lama. Sebab, jika disimpan di dalam freezer akan tahan hingga berminggu-minggu.

5. Tidak memasukkan rendang panas di wadah tertutup

Jadi sebelum menyimpan rendang di dalam wadah setelah rendang benar-benar dingin. Jadi, hindari menyimpan rendang saat masih panas. "Karena akan mudah basi dan mengurangi kualitas rasa dari rendnag tersebut," jelasnya

SELAIN ketupat, rendang menjadi salah satu menu primadona saat Lebaran. Hidangan khas Minang ini sangat populer sebagai jamuan ketika keluarga dan kerabat datang bersilaturahmi ke rumah.

Biasanya, ibu-ibu akan membuat rendang dengan porsi yang cukup banyak. Sehingga selepas lebaran hari kedua, menu ini umumnya masih tersisa. Nah, agar rendang masih terasa nikmat dan lezat, cara menyimpannya pun juga harus tepat.

Kepala Chef PT Sasa Inti Chef Rendy Kongs atau yang populer disapa Chef Kong mengungkap satu kunci utama saat menyimpan rendang agar tidak cepat basi dan tahan lama hingga beberapa hari ke depan, bahkan sampai bulan depan.

"Kalau kita bicara awet, saya pengen flashback ke masa lalu, ketika kita masih kecil, orang tua kita pasti sering ngomong ke kita, 'makanan jangan dicomot-comot, kalau mau ambil pakai sendok'. Kunci nya ya itu, jangan comot comot. Karena kenapa? tangan ini tuh sumber bakteri," terangnya saat ditemui MNC Portal Indonesia di kawasan Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Jangan asal comot


Ya, Chef Kong mengatakan, kunci utama masakan tahan lama adalah hindari menyentuh makanan dengan kelima jari alias mencomot makanan tersebut. Karena, kebiasaan ini bisa membuat bakteri berkembang biak.

"Ketika kita comot, ini kan jadi transfer bakteri. Sedangkan bakteri, itu penyebab makanan bisa basi. Jadi bukan karena salah santannya, tapi karena kebiasaan kita itu," tutur Chef Kong.

Selain itu, ada pula beberapa tips menyimpan rendang agar lebih awet dan tetap lezat. Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Rabu (4/5/2022), berikut ulasannya.

BACA JUGA : Sejarah Rendang Jadi Makanan Favorit Dunia, Yuk Disimak!

BACA JUGA : Tips Olah Daging Sapi Bagian Sengkel Jadi Hidangan Rendang Istimewa ala Chef Chandra

Simpan di dalam wadah tertutup

Simpanlah sisa rendang ke dalam wadah yang tertutup rapat dan di masukan ke dalam lemari pendingin (bukan freezer). Dengan wadah yang tertutup rapat, aroma rendang tidak akan bercampur dengan aroma makanan lain yang ada di dalam kulkas.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia bersama Astra

Follow Berita Okezone di Google News

Pakai santan yang berkualitas

Gunakan santan alami tanpa pengawet saat memasak rendang.Minyak kelapa yang alami pada bumbu rendang berfungsi sebagai pengawet. Selain tak mudah basi, santan yang alami juga membuat aroma rendang menjadi lebih sedap.

Pilihlah rendang kering untuk dikonsumsi lebih lama

Rendang terbagi menjadi dua macam cara dalam memasaknya, kering dan basah. Umumnya, rendang kering akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan rendang basah. Tapi, itu semua sesuai selera masing-masing. Yang terpenting, pastikan anggota keluarga Anda tidak ada yang asal comot rendang di meja, ya!

Apa yang menyebabkan rendang tahan lama?

Minyak kelapa yang alami pada bumbu rendang berfungsi sebagai pengawet. Selain tak mudah basi, santan yang alami juga membuat aroma rendang menjadi lebih sedap. Rendang terbagi menjadi dua macam cara dalam memasaknya, kering dan basah. Umumnya, rendang kering akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan rendang basah.

Apakah rendang tahan lama?

Wadah yang tertutup rapat akan membuat aroma rendang tetap khas dan tidak bercampur dengan aroma makanan lain di dalam kulkas. Jadi, rendang tentu menjadi pilihan hidangan yang awet dan tahan lama bila disimpan dengan cara yang benar.

Berapa lama masakan rendang bertahan?

Jika dimasak dengan tepat, rendang kering dapat tahan disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan jika disimpan di kulkas, dan enam bulan jika dibekukan.

Bagaimana cara mengawetkan rendang?

Dijamin Tahan Lama, Begini Cara Menyimpan Rendang Lebaran.
Menyimpan di wadah dengan suhu ruangan. ... .
Gunakan wadah tertutup rapat jika disimpan di dalam kulkas. ... .
Pilihlah rendang kering untuk dikonsumsi lebih lama. ... .
Simpan di freezer. ... .
Tidak memasukkan rendang panas di wadah tertutup..