Alat di samping adalah contoh kemajuan teknologi di bidang

Photo by Eikon

Teknologi Komunikasi dan Informasi adalah ilmu pengetahuan yang digunakan manusia dalam menyalurkan informasi atau pesan dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan demi mencapai tujuan. Perkembangan teknologi informasi berawal dari era komputerisasi sampai pada era  kemajuan di bidang sistem informasi. Penggunaan komputer pada awalnya digunakan untuk menulis, membuat grafik dan gambar serta alat penyimpanan data. Dengan kemajuan teknologi interaksi antar manusia mampu menghilangkan batasan jarak yang sangat jauh dan kesempatan untuk  menjangkau lapisan masyarakat di belahan dunia manapun menjadi semakin terbuka. Internet sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi baru bisa menjadi pintu untuk masuknya pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut menjadikan proses transfer teknologi menjadi sangat cepat. Karena begitu pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi mengakibatkan dampak dan pengaruh terhadap kemajuan industri pada masyarakat maupun perusahaan, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi terhadap kemajuan industri.

1.Kemudahan Dalam Mengakses Informasi

Photo By Unsplash

Ditemukannya teknologi WWW (World Wide Web) telah mengubah pola komunikasi di dunia. Karena informasi dari seluruh dunia tersedia secara luas dan bebas di internet. Hal ini membuat semua informasi mudah diakses di mana saja dan kapan saja.Semua berkat teknologi modern (dan raksasa komputer seperti Dell, IBM, Apple, dll.). Seseorang dapat membaca buku dalam kenyamanan tempat tidur dengan secangkir kopi. EBook tersedia di internet untuk tujuan ini. Teknologi modern telah menggantikan radio dengan televisi, dan sekarang bahkan televisi telah didigitalkan menjadi “LCD” dan “LED”.Berbagai upaya sedang dilakukan untuk menciptakan sumber informasi yang lebih andal. Semua ini hanya mungkin karena teknologi.

2. Menghemat Waktu

Photo by Unsplash

Pada zaman yang serba maju dan modern ini kita dapat mencari tempat tertentu dan bahkan menentukan tujuan secara spesifik. Teknologi yang digunakan untuk melakukan pencarian tempat tersebut adalah Google Maps dengan memanfaatkan google maps memudahkan kita untuk mencari lokasi secara tepat. Aplikasi buatan google tersebut sangat membantu untuk melakukan navigasi pada daerah yang belum pernah kita kunjungi. Hal tersebut tentunya akan menghemat waktu kita untuk mencapai tempat yang dituju secara cepat dan tepat.

3.Menghemat Pengeluaran

Salah satu tujuan utama teknologi adalah  membuat segala sesuatu lebih murah dan lebih terjangkau bagi orang-orang. Oleh karena itu, teknologi memangkas proses bisnis yang cenderung panjang dan berbelit hal tersebut membuat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maupun pengguna lebih kecil dan lebih efisien. Contohnya penggunaan kasir manusia bisa digantikan dengan kasir mesin selain itu penggunaan E-Card untuk melakukan pembayaran pada jalan tol.

4.Inovasi di Berbagai Bidang

Teknologi benar-benar telah menghasilkan digitalisasi dan modernisasi di berbagai bidang. Baik itu bidang kedokteran atau pertanian atau elektronik, teknologi telah menghasilkan revolusi global. Teknik yang lebih baik dalam bertani telah menghasilkan makanan yang lebih banyak dan lebih sehat. Teknik "pertanian layer" membutuhkan lebih sedikit ruang dan menghasilkan lebih banyak makanan. Kesehatan hewan yang lebih baik menjamin hasil yang lebih banyak dari produk susu dan unggas. Sektor kesehatan juga mendapat banyak manfaat dari ledakan teknologi. Bahkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti kanker memiliki obat yang tepat sekarang.

5.Teknologi Untuk komunikasi

Pada Era Teknologi komunikasi menjadi sangat mudah bagi orang untuk terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Ponsel adalah contoh terbaik dari teknologi komunikasi. Melalui ponsel, orang dapat menghubungi dan berkomunikasi dengan orang, teman, dan kerabat di seluruh dunia dengan sangat mudah dan dengan biaya lebih murah. Sebelum penemuan ponsel dan telepon, orang menggunakan surat untuk komunikasi dengan kerabat dan teman mereka.  Sangat sulit bagi orang untuk berkomunikasi melalui surat karena mengirim surat membutuhkan banyak waktu dan juga biaya. Tetapi setelah penemuan telepon dan telepon genggam, menjadi sangat mudah bagi orang untuk berkomunikasi dengan kerabat mereka dalam hitungan detik. Melalui ponsel, kita juga dapat berkomunikasi dengan kerabat dan teman melalui video call. Dan saya pikir ini adalah salah satu keuntungan terbaik dari teknologi bagi manusia. Ini menghemat waktu dan juga uang bagi orang-orang dalam komunikasi.

6.Digitalisasi Transaksi dan Administrasi Bank

Photo by unsplash

Perbankan juga mendapatkan pengaruh yang sangat signifikan oleh pesatnya perkembangan teknologi. Sekarang teknologi digunakan di setiap bank. Tujuan utama teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan masyarakat dan karena teknologi perbankan menjadi sangat memudahkan masyarakat. Transaksi online dan mesin atm sangat memudahkan orang untuk melakukan transaksi apapun dari rumah mereka atau dari mesin ATM manapun. Mereka tidak perlu datang ke bank dan menunggu serta bersusah payah mengantri, mereka dapat dengan mudah melakukan transaksi apapun dari rumah mereka secara online atau dari mesin ATM di daerah mereka.

7.Muncul Hiburan Berbasis Teknologi

Photo by unsplash


Teknologi juga berkembang pada sektor  hiburan. Ada banyak perangkat teknologi modern yang digunakan untuk hiburan.

  • Playstation (digunakan untuk bermain video game).
  • Video game.   
  • Komputer  
  • Ponsel.  
  • Perangkat VR

Dan masih banyak lagi. Perangkat ini sebagian besar digunakan untuk hiburan. Orang-orang menggunakan perangkat semacam ini di waktu luang mereka untuk hiburan.

Sumber:

https://teknologi.id/technology/dampak-perkembangan-teknologi-terhadap-kemajuan-industri

Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan aktifitas yang melelahkan.

Bayangkan saja pada masa sekarang ini, dengan menggunakan teknologi manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi dan belajar dimana saja. Kemajuan teknologi yang telah tercapai sekarang ini benar-benar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sebagai contoh: hampir setiap orang tidak  bisa terpisah  dari adanya teknologi. Setiap orang menggunakan HP sebagai alat komunikasi langsung jarak jauh untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika ingin berpergian jarak jauh, kita tinggal naik pesawat saja sudah sampai di tempat tujuan, selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan teknologi semuanya dapat teratasi dengan menggunakan tenaga mesin yang relatif lebih cepat dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual. Terlepas iya atau tidaknya manusia membutuhkannya, teknologi akan terus berkembang dan terus berkembang. Bagaimana di masa depan nantinya ya?, bisa dibilang sangatlah mungkin jika teknologi yang diciptakan kedepan nantinya, akan mampu beroprasi dengan sendirinya, melewati apa yang dipikirkan oleh manusia.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya teknologi, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.

Dalam perekonomian suatu negara, saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Banyakberbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Dimana masih banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan. Dengan demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi :

  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  2. Terjadinya industrialisasi
  3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.

Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

  1. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

  1. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
  1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Sumber :

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/06/24/dampak-teknologi-di-bidang-ekonomi-472207.html

http://midibarubelajar.blogspot.com/2010/12/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html

http://longtime-paradise.blogspot.com/2011/03/dampak-positif-negatif-perkembangan.html

http://fakta-realitas.blogspot.com/2013/01/dampak-positif-dan-negatif-kemajuan.html